WILLEM DE JONG BERI KULIAH UMUM DI PASCASARJANA UNY

6
Sep
2017

Program studi S2 Pendidikan Luar Biasa Program Pascasarjana menggelar kuliah umum “Memahami Perilaku Bermasalah Anak dan Intervensi yang Tepat”. Kuliah umum ini dilaksanakan pada Sabtu (26/08) di ruang Sidang Utama Lantai II Gedung Rektorat, Unversitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini menghadirkan pembicara Willem de Jong, MA SEN, master pendidikan anak berkebutuhan khusus dan seorang ahli perilaku berkebangsaan Belanda.

 Willem de Jong menyampaikan bahwa penanganan pada siswa yang mengalami perilaku bermasalah dapat dilakukan dengan pemberian  intervensi melalui dukungan perilaku positif dengan cara menegakkan aturan yang konsisten, disiplin serta harus selalu menggunakan kesabaran dalam berhadapan langsung dengan anak.

“Anak-anak dengan masalah perilaku membutuhkan perhatian, empati dan bantuan dari orang yang ada disekitarnya dam dalam menangani anak juga dibutuhkan kerjasama dengan pihak-pihak yang lebih professional sehingga berbagai penanganan yang sesuai dapat diberikan kepada anak,” jelasnya.  

Kuliah umum berlangsung meriah. Peserta kuliah umum terlihat antusias mengikuti paparan Willem de Jong karena bahasa yang digunakan  komunikatif. Selain itu, de Jong juga menayangkan video-video anak yang mengalami perilaku bermasalah.  “Kuliah umum ini sangat bagus dan bermanfaat bagi kami. Saya berharap pihak pascasarjana rutin menggelar acara serupa, dengan menghadirkan narasumber-narasumber dari berbagai negara, yang ahli di bidangnya. Sehingga, kami mengetahui fenomena anak bermasalah seperti apa saja, yang ditemui di berbagai negara,”  ungkap Dita, salah seorang mahasiswa pascasarjana PLB. (Anita Y)

 

Tags: 
submitted by humas