WISATA BUDAYA MAHASISWA PPG SM-3T FIP UNY

12
Sep
2017

Mahasiswa peserta Program Pendidikan Profesi Guru dituntut untuk menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan. Di samping itu, Peserta PPG juga diarahkan untuk memiliki kemampuan mewujudkan fungsi pendidikan nasional, yaitu (a) mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, (b) memiliki kemampuan mewujudkan tujuan bangsa, dan (c) memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Guru juga dituntut untuk memiliki empat kompetensi dasar, yakni (a) kompetensi pedagogik,  (b) kompetensi kepribadian, (c) kompetensi profesional, dan (d) kompetensi sosial.

Dalam rangka mewujudkan tuntutan itulah, Pengelola SM3T Fakultas Illmu Pendidikan UNY mengupayakan wahana bagi Mahasiswa PPG SM3T, khususnya dalam pengembangan kompetensi sosial melalui kegiatan Wisata Budaya Lokal. Pada kesempatan kali ini, kegiatan Wisata Budaya Lokal tersebut dikemas dalam rangkaian proses Pementasan Sendratari Ramayana. Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa PPG SM3T dapat menambah wawasan mengenai kekayaan Indonesia di bidang kebudayaan.

Dalam kegiatan Wisata Budaya Lokal ini, mahasiswa PPG SM3T dilibatkan dalam seluruh rangkaian proses pementasan. Aktivitas yang diikuti mahasiswa antara lain: (a) pengenalan situasi panggung belakang (backstage) untuk mencermati persiapan pementasan, (b) tutorial tata rias dan tata busana, dan (c) menelaah substansi dan alur cerita. Bahkan yang terasa istimewa, beberapa mahasiswa PPG SM3T dilibatkan sebagai pemeran dalam pentas kali ini.

Joko Pamungkas, Dosen FIP dan Pengelola  Sendratari Ramayana, menegaskan bahwa melalui kegiatan Wisata Budaya Lokal ini mahasiswa PPG yang nanti menjadi guru dapat memiliki sikap akomodatif dan adaptif mengenali keragaman budaya Indonesia. Dengan demikian, nantinya mereka siap  bertugas di seluruh wilayah RI yang memiliki keragaman sosial budaya. “Semoga serangkaian kegiatan Wisata Budaya Lokal ini dapat memberikan tambahan pengalaman bagi seluruh peserta PPG FIP UNY,” tutur Joko Pamungkas seraya menutup kegiatan. (ayu/antfip)

Tags: 
submitted by humas