WORKSHOP PENYEMPURNAAN BORANG AKREDITASI PRODI S3 IPB

17
Apr
2014

Visitasi adalah kunjungan ke sebuah program studi pada suatu perguruan tinggi yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh pengelola program studi melalui pengisian borang akreditasi.

Program studi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB) telah menyusun dan mengirimkan borang akreditasi ke BAN PT beberapa waktu yang lalu. Pada saat ini pengelola Prodi IPB disibukkan persiapan visitasi akreditasi. Selain rapat penyamaan persepsi isi borang,  juga diadakan Workshop Penyempurnaan Borang dan Pengumpulan Bukti serta Lampiran Borang. Kegiatan ini diadakan pada hari Jumat–Sabtu, 11—12 April 2014 di Hotel Wisma Joglo Yogyakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh Kaprodi IPB, Prof. Sugirin, Ph.D. Sebagai penanggungjawab akreditasi IPB, beliau mengharapkan masukan, saran, dan usulan untuk penyempurnaan borang IPB. Selain itu, pembagian tugas revisi, penyiapan bukti setiap standar perlu dilakukan untuk memantapkan persiapan visitasi dalam waktu dekat ini. Akhirnya beliau menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kerjasama dalam penyusunan borang IPB.

Workshop ini diikuti oleh dosen IPB sejumlah 11 orang sesuai yang tercantum dalam borang prodi. Selain itu, hadir dalam workshop ini direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. Hadir pula koordinator penjaminan mutu, Dr. Teguh Setiawan, beberapa mahasiswa IPB dan LT yang membantu menyusun borang sejak awal.

Bertindak sebagai reviewer, Kaprodi S2 PSn, Dr.rer.nat. Senam, memberikan catatan terhadap isi borang yang sudah terkirim ke BAN PT. Komentar dan masukan yang diberikan untuk tiap standar tersebut untuk menyempurnakan isi borang yang sudah terkirim. Apabila sewaktu-waktu berkeinginan untuk menaikkan nilai akreditasi maka tinggal merevisi sedikit saja.

Kaprodi S2 LT, Prof. Dr. Haryadi sebagai dosen IPB juga memberikan andil berupa daftar lampiran dan bukti fisik serta dokumen tiap standar yang harus dipersiapkan pada saat visitasi. Selain itu, beliau juga menyinggung masalah hasil penelitian dan PPM dosen yang juga tutut memperbesar nilai akreditasi.

Output dari workshop ini berupa penyempurnaan borang prodi dan PPs, pembagian penguasaan tiap standar dalam borang, dan penyiapan bukti serta lampiran borang yang harus ada pada saat visitasi. (Rb)

Share it now!
submitted by nurhadi