WORKSHOP PUBLIKASI INTERNASIONAL ICSIE DAN ICMED

8
Jun
2018

Jumat (25/5) dan Kamis (31/5), FIP menyelenggarakan Workshop Publikasi Internasional sebagai bagian dari dua kegiatan konferensi internasional FIP yaitu: “International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE) dan “International Conference on Meaningful Education “ (ICMED)”.  Kegiatan ini ditujukan untuk dosen-dosen FIP dan mahasiswa pasca sarjana UNY. Workshop ini bertujuan untuk membekali peserta kemampuan menulis artikel untuk publikasi internasional di jurnal internasional melalui keikutsertaan mereka pada dua konferensi tersebut.

Workshop ini menghadirkan pemateri internasional, Associate Prof. Dr. Tutut Herawan, BEd, MSc, Ph.D. yang berpengalaman publikasi di banyak jurnal internasional terindeks Scopus dan saat ini merupakan visiting professor di UNY. Materi yang ditekankan oleh Tutut adalah bagaimana menulis artikel yang berkualitas dan menarik untuk dipublikasikan. “Kemenristek Dikti sedang giat memperbanyak jumlah publikasi internasional dari dosen-dosen di Indonesia. Untuk lebih menguatkan aktivitas menulis dan jumlah publikasi.” Ujar Tutut lagi.

“Masih ada dosen yang kalau mendengar jurnal internasional sudah ciut duluan. Sebenarnya menulis jurnal internasional maupun nasional energi yang dikeluarkan sama-sama besarnya. Bedanya, jurnal internasional punya poin lebih. Jurnal internasional, lanjutnya menjadi persyaratan dosen yang ingin naik jabatan. Juga syarat khusus doktoral yang ingin mendapat gelar professor.” tambahnya lagi

 Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. berkesempatan membuka acara ini menyampaikan bahwa  hasil workshop ini diharapkan akan mendukung kesuksesan dua konferensi tersebut melalui banyaknya artikel berkualitas yang dipresentasikan, meningkatkan publikasi internasional UNY sebagai upaya menjadi universitas berkualitas dunia, dan khususnya bagi para mahasiswa pascasarjana, mendukung penyelesaian studinya yang mensyaratkan publikasi internasional. (est/ant)

Tags: 
submitted by humas