WUJUDKAN WISATA EDUKASI GOA KEBUN DENGAN OUTBOND GOPEN

29
Jun
2018

Goa Kebun Kulon Progo, Goa nan Elok yang tersembunyi! itulah sebutan bagi Goa kebun, karena memang keindahan alam pada goa ini yang jarang diketahui oleh masyarakat luas. Tak hanya elok, goa ini memiliki suasana sejuk yang sangat bangus untuk tempat rileksasi. Banyak pengunjung yang penasaran dengan keindahan elok yang tesembunyi goa tersebut. Tak hanya pelancong wisata yang hadir di goa kebun. Ditetapkannya goa kebun sebagai wisata pendidikan menarik berbagai lembaga pendidikan Paud sampai dengan Sekolah Dasar sering mengunjungi Goa Kebun.

Lembaga pendidikan PAUD maupun SD menjadikan Goa Kebun sebagai sarana belajar luar sekolah. Untuk PAUD Edelwis biasanya melakukan kunjungan di Goa Kebun setiap hari rabu. Sedangkan sekolah lain seperti SD melakukan kunjungan sesuai jadwal yang sudah mereka sepakati antar sekolah. Sehingga dihari efektif hampir cukup banyak pengunjung yang ada di Goa Kebun.

Berdasarkan peluang tersebut Tim PKM Pengabdian Kepada Masyarakat Unversitas Negeri Yogyakarta yang berangotakan Rini Yuliana, Rina Yulianti, Sulis Setyani, Helmi Denada dari FIP dan Ainun Rubi dari FMIPA memberikan pelatihan Outbond bagi Pengelola Goa Kebun dalam upaya pewujudan Goa Kebun sebagai Goa Pendidikan.

Pelatihan outbond ini dilakukan dengan penerapan outbond yang dilaksanakan di Goa Kebon. Pasalnya pengelola goa kebon sudah sering diberikan pelatihan-pelatihan oleh lembaga-lembaga terkait namun tidak ada tindak lanjutnya. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka TIM PKM UNY tidak hanya memberikan pelatihan kepada pengelola Goa Kebon, tetapi pelatihan dilaksanakan langsung dengan penerapan Outbond, jadi pengelola melakukan praktek langsung terhadap peserta, sehingga akan lebih mempermudah dalam pengevaluasian dan tindak lanjut karena dapat menilai terlebih dahulu sampai mana kemampuan yang sudah di kuasai oleh pengelola Goa Kebon.

Tak hanya penerapan outbond dan pemberian pelaihan outbond saja, bersama dengan Tim PKM UNY dan Kelompok Sadar Wisata Taman Tirta Wiyata juga membuat buku outbond dengan harapan buku tersebut dapat dijadikan oleh-oleh bagi sekolah-sekolah yang datang untuk mengambil paket outbond di Goa Kebon. Dengan demikian tak hanya nilai edukasi yang meningkat, namun nilai ekonomis pun dapat ditingkatkan. (rin/ant)

Tags: 
submitted by humas