YUK, PERSIAPKAN PROPOSAL DI BULAN RAMADHAN

15
Apr
2019

Ramadhan, bulan penuh ramhat sebentar lagi akan tiba. Semua umat Muslim bersuka cita menyambutnya. Namun, pertanyaan yang tidak kalah penting adalah sudahkah kita mempersiapkan “proposal” untuk di bulan Ramadan nanti?

Proposal di Bulan Ramadhan juga tidak kalah penting. Hal ini diungkapkan Dr. Facthul Arifin, MT di acara Kajian Bulan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) bidang Kerohanian, Jumat, 12 April 2019 di Aula, Gedung lt. 3 Gedung Kreatif Universitas Negeri Yogyakarta. Kajian bulanan untuk kedua kalinya ini mengangkat tema “ Kiat-Kiat Akademis Menyambut Bulan Suci Ramadhan.”

Dosen pengajar di Fakultas Teknik UNY tersebut mengatakan bahwa penyambutan bulan Ramadan harus dipersiapkan. Mempersiapkan penyambutan bulan Puasa juga bentuk keseriusan untuk menjalankan perintah Allah SWT. Menurutnya, setidaknya ada 6 yang harus dipersiapkan memasuki Ramadhan yakni persiapakan Ruhiyah dan Maknawiyah yakni bersihkan diri dari dosa, perbanyak istighfar, dan memperbanyak amal soleh. Selanjutnya adalah persiapan fisik (kesehatan dan latihan puasa), persiapan Fikriyah (ilmu), persiapan Maaliyah (harta), persiapan masyarakat atau lingkungan sosial dan persiapan agenda ramadhan.

Dalam agenda ramadhan, Dr. Lulusan Teknik Elektro tersebut mengatakan Ramadhan adalah momentum untuk perubahan besar, bulan untuk perbaikan, dan bulan untuk peningkatan kualitas diri. Di bulan Ramadhan adalah momen untuk mengajukan proposal perbaikan hidup.

“Mempersiapkan diri untuk bulan Ramadhan sama seperti memanen buah-buahan. Jika wadah yang kita gunakan kecil, maka buah yang bisa kita ambil akan sedikit. Demikian bulan Ramadhon, bulan penuh berkah dan rahmat. Jadi, harus dipersiapkan secara maksimal dan total. Minta ilmu yang bermanfaat, minta harta untuk bisa bersedekah lebih besar, minta harta dan keturunan yang bermanfaat untuk dunia-akhirat,”tegasnya.

Acara dibuka dengan Tilawah Quran oleh Nur Aziz, S.Pd.  Acara berlangsung hingga pukul 17.00 dimoderatori oleh Sanuri, S.Pd. Acara tersebut merupakan program rutin bidang Kerohanian KMP dan sudah berjalan untuk kedua kalinya. Rencananya, Bidang Kerohanian akan melaksanakan agenda rutinan dan lainnnya selama bulan Ramadhan.  Ayo, persiapkan proposal di bulan Ramadhan nanti. (Toba Sastrawan Manik/JK).

submitted by humas