Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.

23
May
2015

MEWUJUDKAN INSAN UNGGUL

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt., yang telah memberikan hidayah dan inayah-Nya, terutama kepada keluarga besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang pada tanggal 21 Mei 2015 memasuki usia yang semakin matang, 51 tahun. Mudah-mudahan segala pengabdian UNY selama 51 tahun ini terus mendapat apresiasi positif dari sivitas akademika UNY dan masyarakat umum. Bagaimanapun dukungan, motivasi,  dan apresisiasi tersebut sudah memberikan kekuatan pada institusi UNY untuk meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi baik pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat di masa-masa yang akan datang.

Untuk terus memacu pertumbuhan dan perkembangan UNY sebagai “Leading in Character Education”, maka pada Dies Natalis UNY ke-51 ini menggemakan tema ”Pendidikan dan Ilmu Penge­tahuan, Teknologi, Seni serta Olahraga untuk Mewujudkan Insan Unggul”. Tema ini dipilih sebagai perwujudan bahwa institusi UNY sedang giat-giatnya membangun insan yang berkarakter dan bermartabat yang memiliki kemandirian pribadi dan sosial. Pada Dies Natalis sebelumnya, tema-tema Pendidikan Karakter sudah menjadi perhatian utama UNY. Harapannya, pendidikan karakter tidak hanya menjadi isu sesaat, tetapi menjadi bagian dari sivitas akademika UNY, dan diimplementasikan secara berkesinambungan demi terwujudnya bangsa yang berkarakter dan mandiri.

UNY terus berupaya mewujudkan tercapainya universitas kependidikan berkelas dunia berlandaskan nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan. Seluruh potensi yang dimiliki universitas terus digerakkan secara optimal dan berkelanjutan, mulai dari menggerakkan implementasi pendidikan karakter dalam kehidupan kampus; menggalakkan prestasi akademik dan nonakademik baik tingkat nasional maupun internasional; memperkuat jejaring lintas universitas baik dalam ne­geri maupun luar negeri; meningkatkan sistem administrasi umum dan keuangan; mendorong dan memfasilitasi sivitas akademika UNY mengikuti seminar/forum ilmiah dan penelitian di tingkat dunia. Meskipun hasil yang diperoleh belum begitu maksimal, tetapi UNY memiliki keyakinan yang tinggi bahwa cita-cita yang mulia tersebut akan segera terwujud melalui proses yang terus-menerus dan berkesinambungan.

Untuk dapat memanifestasikan peran UNY secara optimal, dalam Dies Natalis ke-51 ini UNY me-launching berbagai kegiatan yang lebih awal, baik melalui kegiatan pendidikan, olahraga, seni, sosial, akademik, keagamaan, maupun kegiatan lainnya sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan visi dan misi UNY   yang dapat memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada masyarakat umum, Indonesia, bahkan menjadi rahmatan lil’alamiin.

UNY dengan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat (orangtua, dunia usaha, dan dunia industri), maupun para ahli baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri, dari waktu ke waktu makin berkembang sebagai Universitas berbasis pendidikan yang sukses menoreh­kan berbagai prestasi, tidak hanya di bidang pendidikan, tetapi juga di bidang sains, teknologi, sosial, humaniora, dan olahraga. Sungguh prestasi ini sangat bermanfaat dalam membangun identitas dan kebanggaan sivitas akademika UNY.

Akhirnya kami ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada semua pihak terutama penanggung jawab Dies Natalis UNY ke-51 yang dipimpin oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Penge­tahuan Alam (FMIPA), dengan tetap memberikan apresiasi kepada pimpinan universitas, fakultas, PPs, dan lembaga/badan, serta unit-unit lainnya yang sudah ikut memainkan peran penting dalam pelaksanaan rangkaian acara Dies Natalis. Demikian pula para sponsor dan pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang sudah dan akan berkontribusi bagi kesuksesan Dies Natalis UNY ke-51 tahun 2015. Semoga Allah Swt. memberikan balasan yang sebanyak-banyaknya atas apa yang sudah kita perbuat. Amien.

Atas nama pimpinan dengan rasa rendah hati menyampaikan permohonan maaf, jika dijumpai beberapa hal yang kurang berkenan. Semoga Allah Swt. mengampuni kita semua, dan terus memberikan taufik dan hidayah-Nya untuk terus mengembangkan ilmu dan mengabdi untuk kepentingan kemanusiaan.

 

 

Disampaikan dalam upacara Dies Natalies UNY ke-51

Auditorium UNY, 21 Mei 2015

submitted by humas