KANTOR

Kantor Internasional (KI) adalah kantor baru di UNY, Kantor ini awalnya bernama Kantor Kerjasama Humas dan Protokol (KKHP), lantas pada januari 2010, KKHP dipisah menjadi dua kantor, yakni Kantor Internasional dan Kantor Humas, Promosi dan Protokol. KI dibentuk khusus untuk menjawab tantangan internasionalisasi universitas yang menuntut UNY menjadi universitas yang berkualitas dan terbuka.

Sejak mencanangkan dirinya siap menuju World Class University (WCU). UNY banyak menerima tawaran kerjasama dari dalam dan luar negeri. Kantor Internasional mengampu bagian kerjasama dengan semakin banyaknya volume kegiatan yang terkait dengan kerjasama di dalam dan luar negeri. Kantor yang terletak di timur Hall Rektorat ini, pada awalnya dipimpin oleh Sugirin, Ph.D., dan bertugas merancang dan melaksanakan program-program universitas yang berhubungan dengan WCU.

Kantor Internasional kini memiliki tiga divisi, yaitu Divisi Kerjasama, Divisi Internal, dan Divisi Eksternal. Divisi Kerjasama mengurus kerjasama UNY dengan pihak dalam dan luar negeri, seperti menyediakan MoU bagi kedua belah pihak. Divisi Internal mempersiapkan bagaimana UNY secara  internal dapat mengembangkan program unggulannya, sehingga memiliki kualitas internasional. Sedangkan, Divisi Eksternal bertugas untuk membangun dan mengembangkan relasi secara berkelanjutan dengan berbagai institusi di luar negeri.

Beberapa karya nyata Kantor Internasional adalah berhasil mengembangkan kelas unggulan di Prodi Pendidikan Matematika (FMIPA) dan Prodi Akuntansi (FE). Pengembangan kudua prodi tersebut mencangkup pengadaan kelas bilingual. Tentunya program pengembangan tersebut juga melalui kerjasama dengan masing-masing prodi yang bersangkutan.

Kantor Internasional juga mengkoordinasikan pimpinan, dosen, staff administrasi, pustakawan, dan mahasiswa dalam melakukan kunjungan ke universitas-universitas terkemuka di luar negeri guna menjalin kerjasama seperti penyejajaran antara standar pendidikan di UNY dan di luar negeri, pelatihan mengajar dalam bahasa inggris dosen Prodi Internasional, dan mengundang dosen dari luar negeri untuk mempresentasikan standar mengajar sesuai dengan standar internasional.

Selain itu, melalui Divisi Eksternal, KI juga mempromosikan berbagai program keunggulan UNY di dunia internasional seperti bahasa dan budaya Indonesia, serta terus memobilitas sivitas akademika UNY untuk meningkatkan kualitas akademik dan pelayanan berstandar internasional.

Pada masa yang akan datang, UNY harus terus berkomitmen mengembangkan program-program internasional dan mejalin kerjasama dengan pihak luar negeri karena setiap kunjungan kerjasama yang telah dilakukan akan terus menghasilkan kesepakatan kerjasama dengan institusi dalam negeri maupun luar negeri.

 

Seiring dengan berkembang pesatnya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), tuntutan layanan dibidang kerjasama, hubungan masyarakat, dan protokoler juga semakin meningkat. Oleh karena itu pada tahun 2004 dikeluarkanlah SK Rektor No. 095a mengenai pembentukan Kantor Kerjasama, Humas, Promosi, dan Protokol (KKHP). Namun karena tuntutan untuk memperkenalkan UNY semakin kuat, maka pada tahun 2006 ditambahkan Divisi Promosi sehingga singkatannya menjadi KKHPP.

Pada awalnya hanya KKHPP saja menangani semua kerjasama antara UNY dengan pihak luar, baik dalam negeri maupun luar negeri, sekaligus menggkoornasikan semua kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan hubungan masyarakat, protokol, dan promosi. Namun, seiiring dengan semakin berkembangnya hubungan UNY dengan pihak luar negeri karena perancangan program World Class university, maka pada awal 2010 keluarlah SK Rektor No.025/H34/KP/2010 tentang pemisahan KKHPP menjadi dua bagian, yaitu Kantor Internasional dan Kantor Humas, Promosi, dan Protokol (KHPP).

KHPP berfungsi untuk mencari informasi, mengolah dan mengelola serta menyosialisasikan informasi, Divisi Humas selalu terbuka menerima informasi dari internal UNY untuk disosialisasikan melalui media cetak maupun media elektronik. Untuk menjalin hubungan kerjasama yang sinergis, bidang Humas Eksternal telah menyelenggarakan "Launching Website UNY", siaran pers, kunjungan pers, analisis pemberitaan, dan "Media Forum UNY". Media Forum UNY merupakan forum komunikasi antara pihak UNY dengan para wartawan dari berbagai media yang di mediasi oleh Divis Humas UNY. Sementara itu, bidang Humas Internal menerbitkan majalah "Pewara Dinamika UNY", mengadakan pelatihan jurnalistik tingkat lanjut untuk sekretaris pimpinan, staf administrasi Humas, dan pranata Humas.

Divis Promosi mencoba mempromosikan UNY dalam rangka sosialisasi UNY secara terus-menerus tanpa henti baik melalui media cetak, elektronik maupun kerjasama promosi yang lain seperti sponsor kegiatan kepada relasi-relasi UNY. Sedangkan Divisi Protokol menyelenggarakan kegiatan-kegiatan di Rektorat yang meliputi pelantikan pejabat struktural, pelepasan purna karya, pembarian penghargaan pegawai berprestasi, pemberian kenaikan pangkat dosen dan pegawai serta sumpah PNS. Selain itu Divisi Protokol juga mengorganisir kegiatan pelaksanaan penandatanganan memorandum of understanding (MoU), penyambutan tamu VIP, dan peringatan hari-hari besar nasional.

Menyambut pelaksanaan UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan perkembangan arus infromasi, Kantor HPP terus menyiapkan diri sebagai lembaga yang siap memberikan informasi UNY kepada masyarakat, termasuk masyarakat sivitas akademika UNY.