Panduan Student Union Grant 2013

27
Feb
2013

 

PANDUAN STUDENT UNION GRANT 2013
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 
 
 
 
 
A. PENDAHULUAN
Seiring dengan kebijakan dikti terkait dengan keharusan melakukan publikasi ilmiah bagi mahasiswa, maka sudah selayaknya membiasakan berkarya tulis merupakan strategi yang cukup efektif. Dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis, meneliti, dan mengolah kreativitas mahasiswa di bidang penelitian, Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta akan mendanai 30 proposal penelitian melalui program student union grant (SUG). Secara umum, penekanan program ini memiliki kesamaan dengan program kreativitas mahasiswa bidang penelitian. Jumlah proposal yang didanai akan didistribusikan untuk masing-masing fakultas dan UKM Penelitian 3  judul dan sisanya sebanyak 6 judul akan dikompetisikan antarfakultas ataupun UKM Penelitian. Besarnya biaya untuk setiap judul maksimal Rp3.000.000,- (tiga juta rupiah). 
Tujuan dari program SUG ini, antara lain melatih mahasiswa melaksanakan kegiatan di bidang penelitian secara inovatif dan kreatif, serta menghasilkan ide-ide baru di bidang penelitian, misalnya mengidentifikasi faktor penentu mutu produk, menemukan hubungan sebab-akibat antara dua atau lebih faktor, mengujicobakan sebuah produk atau peralatan, merumuskan metode pembelajaran, melakukan inventarisasi sumber daya, memodifikasi produk eksisting, mengidentifikasi senyawa kimia, menguji khasiat ekstrak tanaman, merumuskan teknik pemasaran, mensurvei kesehatan anak jalanan, mencobakan metode pembelajaran aksara Jawa siswa di sekolah, mencermati laju pertumbuhan ekonomi di sentra kerajinan Kasongan, mencari faktor penyebab tahayul yang mewarnai perilaku masyarakat Jawa, mengetahui perkembangan dan pembelajaran bahasa, mendeskripsikan perkembangan seni budaya,  mencermati realitas sosial masyarakat, dan kegiatan lain yang memiliki tujuan semacam itu.
 
B. PERSYARATAN ADMINISTRATIF
Peserta SUG adalah kelompok mahasiswa yang sedang aktif mengikuti program pendidikan S1 atau Diploma. Mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, bergantung pada bidang kegiatan dan topik penelitian yang akan dilaksanakan.  Keanggotaan mahasiswa dalam kelompok harus berasal dari minimal 2 (dua) angkatan yang berbeda. Seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul SUG yang disetujui untuk didanai. Hal ini didasarkan pada kewajaran alokasi waktu bagi pelaksanaan kegiatan SUG dan kegiatan belajar mahasiswa selain dimaksudkan memberi kesempatan sebanyak mungkin mahasiswa yang terlibat. Kegiatan SUG didampingi oleh dosen pembimbing/pendamping. Seorang dosen pembimbing/ pendamping diperkenankan mendampingi maksimum 3 (tiga) judul/kelompok pelaksana SUG.  
 
Ketentuan lain tentang SUG  sebagai berikut.
1. Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok penelitian maksimal berada pada semester VI.
2. Keanggotaan mahasiswa dalam kelompok harus berasal dari minimal 2 (dua) angkatan yang berbeda.
3. Ketua kelompok berasal dari mahasiswa semester IV atau VI, sedangkan mahasiswa semester II yang terlibat cukup sebagai anggota.
4. Jumlah anggota peneliti terdiri 3-5 orang termasuk ketua peneliti.
5. Proposal dibuat rangkap 2.
6. Jangka waktu penelitian dilaksanakan selama 4 bulan sejak pengumuman hasil seleksi proposal.
7. Tagihan berupa laporan penelitian dan artikel sebagai bahan jurnal baik untuk kepentingan internal ataupun penyiapan PKM-AI (hardcopy dan softcopy).
 
 
Informasi selengkapnya silahkan unduh/download lampiran dibawah ini.
submitted by admin