LAMBANG UNIVERSITAS

a)    Penanda Lambang
Lambang berbentuk bunga teratai bersegi lima, warna dasar biru. Bertuliskan Universitas Negeri Yogyakarta yang dibuat melingkar dengan tulisan kaligrafi UNY, gambar sayap burung garuda berwarna kuning, dan di tengahnya terdapat gambar tugu

b)    Pemakaian Lambang
Lambang Universitas ditampilkan pada Duaja Universitas, Fakultas, Pascasarjana, Busana Akademik, dan Tongkat Pedel.

c)    Penerapan Lambang Berwarna
Tulisan “Universitas Negeri Yogyakarta” ditulis dengan tipografi: Lucida Fax Bold. Kom[posisi warna sbb.: biru(C:91, M:95, Y:0, K:0)| kuning (C:0, M:0, Y:100, K:0)| hijau (C:100, M: 0, Y: 100, K:0)| merah (C:0, M:100, Y:100, K:0).

Makna Lambang Universitas

a. Bentuk Dasar
Bunga teratai digambarkan dalam padma persegi lima, melambangkan pancasila sebagai filosofi dasar gerak, dan warna kuning kontur untuk menyatakan kejayaan

 

 

 

b. Warna Dasar
Biru merupakan warna netral yang melambangkan kedalaman jiwa, keteguhan jiwa, kewibawaan dan kemantapan langkah, dan warna ini berkesan tenang melambangkan pendidikan tinggi harus dijiwai kedalaman berpikir , kewibawaan tinggi dan mantap dalam setiap langkah dan geraknya.

 

c.  Tulisan Universitas Negeri Yogyakarta
Tulisan Universitas Negeri Yogyakarta dibuat melingkar melambangkan globe dunia bersambung dengan tulisan kaligrafi UNY

 

 

d.  Gambar Sayap Berwarna Kuning
Bentuk ini melambangkan pengembangan program-program universitas, baik nasional regional maupun internasional. Sayap diberi rangka berbentuk harpha (alat music tradisional) melambangkan pengembangan kebudayaan.

 

e.  Gambar Tugu
Gambar Tugu adalah deformasi Tugu Yogyakarta sebagai ciri khas kota Yogyakarta, disamping menggambarkan arsitektur (teknologi), tugu juga melambangkan keteguhan sivitas akademika dalam melaksanakan tridarma.

f.  Pada Gambar Tugu Terdapat
      • Mustaka berbentuk api terbilah tiga dengan warna merah melambangkan tridarma
      • Tangga, dada, dan tubuh tugu yang berbentuk pena melambangkan pendidikan.
      • Kaki tugu berbentuk tangga melambangkan jenjang pendidikan.