Diklat Bela Negara Bagi Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023/2024 UNY

1
min read
A- A+
read

Diklat Bela Negara

Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan Diklat Bela Negara bagi mahasiswa program PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023/2024 yang digelar Jumat-Minggu (26-28/4 dan 3-5/5) di Akademi Angkatan Udara (AAU). Menurut Direktur Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi UNY Prof. Erwin Setyo Kriswanto kegiatan ini bertujuan menanamkan rasa cinta tanah air dan kesadaran membela negara, selain itu juga untuk meningkatkan kedisiplinan, kerjasama, kepercayaan diri serta nilai-nilai karakter lainnya yang  dapat diterapkan di sekolah tempat mereka mengabdi. “Kegiatan diikuti oleh lebih dari seribu peserta yang dibagi menjadi dua gelombang yaitu tanggal 26-28 April dan 3-5 Mei” paparnya.

Dalam Diklat Bela Negara ini disampaikan beberapa materi diantaranya Psikologi Lapangan, Bela Negara dan Kepemimpinan. Juga dilaksanakan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang seluruh materi diberikan oleh Coach dari TNI-AU. Coach Mayor Setya Permana Kasi Jasmil merasa senang kedatangan tamu para mahasiswa PPG UNY. “Saya berharap dengan diklat ini para mahasiswa mempunyai moral Pancasila dan punya kompetensi sebagai guru” kata pelatih PBB tersebut. Menurutnya PBB yang dilakukan mengacu pada Peraturan Panglima TNI no. 58 tentang PBB. Dengan pelatihan PBB ini para mahasiswa PPG bisa melatih anak didiknya tentang baris-berbaris sekaligus melatih disiplin, jiwa korsa dan kekompakan.

Salah satu peserta PPG Efendi merasakan manfaat yang diperolehnya dalam diklat bela negara ini. Menurutnya guru itu akrinim dari digugu dan ditiru. “Maka disiplin harus dimulai dari diri sendiri dan diklat ini berguna untuk meningkatkan kedisiplinan” ujar warga Nganglik Sleman tersebut. Sedangkan Sri Muryani mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan berguna untuk pengambilan keputusan, kepedulian terhadap orang lain dan melatih disiplin. “Bagi seorang guru pengambilan keputusan merupakan hal penting, dan itu kami dapatkan pada diklat ini” papar mahasiswa yang melaksanakan PPL di SMP 10 Yogyakarta tersebut.

Diklat Bela Negara ini diharapkan memberi dampak positif bagi peserta dalam kehidupan keseharian dan dalam berkegiatan sebagai guru, terutama dalam hal disiplin dan cinta tanah air. Dengan meningkatnya kesadaran bela negara dan semangat patriotisme, diharapkan mahasiswa PPG UNY mampu menjadi pilar pendidikan yang kokoh dan berdedikasi membentuk generasi penerus bangsa yang mencintai tanah air. Melalui Diklat Bela Negara ini mahasiswa ditempa menjadi guru profesional yang siap mengabdi kepada negeri dengan sepenuh hati dan berakhlak Pancasila, yaitu berkebhinekaan global, berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, kreatif, dan bernalar kritis.

Penulis
Dedy Herdito
Editor
Prof. Erwin Setyo K
Kategori Humas
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus