Bakti Sosial Dies Natalis UNY

1
min read
A- A+
read

Senam bersama

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan bakti sosial di Guwosari, Pajangan, Bantul, Minggu (28/4) dengan berbagai kegiatan seperti senam bersama, pembagian paket sembako serta pemberian makanan tambahan bagi pencegahan stunting. Dalam kesempatan ini juga ditandatangani nota kesepahaman antara Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UNY dengan Kalurahan Guwosari. Kegiatan bakti sosial dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, Ketua Karang Taruna DIY GKR Hayu, Rektor dan para Wakil Rektor UNY serta aparat pemerintah Kalurahan Guwosari dan masyarakat sekitar.

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo dalam sambutannya mengatakan kegiatan dies natalis UNY berulangkali diadakan di Bantul dan kali ini dilaksanakan di Guwosari. “Ini bagian yang membahagiakan warga Bantul dan merupakan bukti bahwa UNY tidak hanya mencerdaskan kehidupan bangsa namun juga UNY berpihak pada masyarakat dengan adanya bakti sosial” kata Joko Purnomo. Berdasar data di Bantul ada lebih dari 6000 guru dimana lebih dari 45%-nya adalah lulusan UNY. Joko Purnomo berharap dalam usianya ini UNY dapat menjadi universitas yang siap mewujudkan kampus merdeka unuk mengawal NKRI yang ber-Pancasila dan ber-UUD 1945.

Menurut Ketua Karang Taruna DIY GKR Hayu kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan implementasi kerjasama antara Karang Taruna DIY dengan UNY. “Pada kepengurusan yang baru ini kami ingin fokus pada personel Karang Taruna sehingga terasa impactnya di tempat masing-masing” papar GKR Hayu. UNY mendukung penuh Festival Inovasi Sosial yang diselenggarakan Karang Taruna DIY sehingga harapannya tahun ini akan didukung kembali karena impactnya sangat terasa.

Lurah Guwosari Masduki Rahmat, S.IP menyambut gembira kegiatan bakti sosial dies natalis UNY di Guwosari. “Suatu kebanggaan bagi kami bahwa wilayah Guwosari dijadikan tempat merayakan dies natalis” ujar Masduki Rahmat.  Menurutnya beberapa waktu lalu ia mengikuti GKR Hayu melakukan penandatanganan MoU antara Karang Taruna DIY dengan UNY dan kegiatan ini adalah rangkaian tindak lanjutnya. Program dari UNY sudah masuk kemari dan mengurangi permasalahan di Guwosari. Lurah Guwosari punya mimpi satu dusun satu unggulan yang diimplementasikan dalam wujud kampung emas. Harapannya UNY menjadi penyempurna program di Guwosari.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto menegaskan bahwa kegiatan ini adalah implementasi luar biasa atas dhawuh Gubernur DIY tentang 4K yaitu Kraton, Kampus, Kampung dan Kantor, sehingga UNY tetap berkomitmen memajukan kampung melalui Karang Taruna.

Dalam bakti sosial ini dilakukan pula pemberian sejumlah bantuan seperti bantuan paket pendidikan, bantuan sembako, paket anak panti, bantuan bagi kelompok PAUD serta bantuan makanan tambahan anak stunting. Juga dibagikan sejumlah door prize bagi warga Guwosari yang mengikuti senam bersama, diantaranya sepeda, televisi, mesin cuci hingga ayam dan menthog. Door prize utama senam berupa kulkas diraih oleh Baidah. Salah satu warga yang mendapat bantuan, Syakila Nur Afifah merasa senang dengan bantuan ini karena dapat membantu anaknya yang terindikasi stunting. Sedangkan Restu Wibowo Prasetyo gembira mendapat bantuan pendidikan dari UNY.

Penulis
Dedy Herdito
Editor
Sudaryono
MBKM
IKU
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat