Kegiatan Donor Darah Meriahkan Dies Natalis ke-60 Universitas Negeri Yogyakarta

1
min read
A- A+
read

Masih dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-60 Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Kedokteran (FK) bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) menyelenggarakan kegiatan Aksi Donor Darah yang akan berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 23 hingga 24 April 2024 bertempat di Gedung Fakultas Kedokeran UNY. 

Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan terhadap sesama serta memupuk kembali nilai- nilai kemanusiaan yang semakin lama semakin menipis serta diharapkan dapat menjadi wahana untuk mewujudkan konsistensi, eksistensi, dan aktualisasi potensi serta mengembangkan rasa kesetiakawanan dan jiwa kemanusiaan. 

Dalam sambutannya Ketika membuka kegiatan Aksi Donor Darah, Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., pada selasa, 23 April bertempat di Gedung Sugeng Mardiono Lantai 3 Pasca Sarjana, mengajak serta seluruh jajaran pimpinan untuk menjadi pendonor darah agar target peserta yang mendonorkan darahnya bisa tercapai. 

“Aksi donor darah ini bisa memupuk jiwa kita agar lebih peka dan peduli terhadap sesama,” ujar Profesor Sumaryanto. 

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa dirinya sudah rutin menjadi pendonor darah sejak muda yaitu tahun 1981 karena sudah terbiasa menjadi relawan saat terjadi bencana di tanah air. Dalam kesempatan ini, Sumaryanto juga mengucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Sleman yang telah bersedia bersinergi demi terselenggaranya kegiatan ini.

Ketika ditemui untuk dimintai keterangan, Dr. dr. Laksmi Ambardini, M.Kes., sebagai salah satu panitia menjelaskan bahwa hingga hari terakhir sudah terkumpul 91 kantong darah.

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Prasetyo Noviriyanto

IKU