MUSEUMANIA EDISI KE-8 : MEMAKNAI SUMPAH PEMUDA MELALUI MUSEUM

1
min read
A- A+
read

MUSEUMANIA EDISI KE-8 : MEMAKNAI SUMPAH PEMUDA MELALUI MUSEUM

Museum merupakan salah satu gerbang pendidikan karakter yang ada saat ini, eksistensi sebuah museum merupakan cerminan dari kepribadian suatu daerah. Senyampang dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Forum Komunikasi Museum Sleman bersama Museum Pendidikan Indonesia UNY memiliki progam Talk Show Museumania edisi ke-8.

Museumania merupakan progam Talk Show yang rutin diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Sleman dan didanai oleh Dana Keistimewaan yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman. Museumania dilaksanakan secara bergilir di museum-museum yang ada di wilayah Kabupaten Sleman. Museum Pendidikan Indonesia UNY ingin selalu aktif berkontribusi dalam mencerdaskan generasi pemuda bangsa, khususnya pada kesempatan kali ini dalam talk show Museumania edisi ke-8 senyampang dengan hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di MPI UNY, dengan tema : Memaknai Sumpah Pemuda Melalui Museum.

Talk show Museumania edisi ke-8 dengan 3 Narasumber yaitu : Prof. Dr. Dra. Trie Hartiti Retnowati, M.Pd. (Kepala Museum Pendidikan Indonesia UNY), Dr. Taat Wulandari, S.Pd., M.Pd. (Sekretaris Museum Pendidikan Indonesia UNY), dan Budi Winarno (Staf Museum Affandi, Kepala Dukuh termuda di Sleman, Bendahara FKMS), dengan Host Ayu Nuswantari, S.Pd., M.Pd., M.Sc. (Duta Museum DIY untuk MPI UNY).

Museumania edisi ke-8 yang dilaksanakan di MPI UNY dapat dilihat di chanel Youtube “FKMS TV”, pada tanggal 28 Oktober 2021. Prof. Trie Hartiti dalam paparanya menjelaskan tentang korelasi semangat sumpah pemuda dengan Museum Pendidikan Indonesia UNY, selain itu beliau juga menjelaskan bahwa MPI UNY dapat dikunjungi secara gratis dengan metode Virtual Tour pada masa pandemi covid-19. Dr. Taat Wulandari dalam acara ini memaparkan sejarah peristiwa kongres pemuda dan implementasi setelah munculnya sumpah pemuda, selain itu beliau juga memaparkan dampak dan sebab-akibat yang ditimbulkan dari semangat pemuda Indonesia dari sebelum kemerdekaan sampai ke Orde Baru dan kondisi saat ini.

Budi Winarno sebagai narasumber ke-3 memaparkan materi tentang semangat pemuda pegiat museum, selain sebagai staf museum Affandi ia juga menjabat sebagai Kepala Dukuh termuda di Kabupaten Sleman, dan memaparkan dinamika semangat pemuda di masa saat ini yang mungkin sudah banyak berubah dengan semangat pemuda terdahulu. Museumania edisi ke-8 di MPI UNY berlangsung kurang dari satu jam dan ditutup dengan closing statement oleh para narasumber. Acara ini dapat disaksikan kembali dengan klik link https://www.youtube.com/watch?v=c2q7WXbL_BY. (Hanafi)