Sebanyak 3.559 Mahasiswa UNY Ikuti Pembekalan KKN- PK

2
min read
A- A+
read

Pada hari Kamis, 6 Juli 2023 UNY menyelenggarakan perhelatan yaitu “Pembekalan KKN DAN/ ATAU PK SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2023/ 2024 yang bertempat di Ruang Sidang Utama (RSU ) UNY. 
Hadir dalam acara kali ini yaitu Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., (Rektor UNY) beserta para Wakil Rektor, para Dekan, para Direktur serta jajaran pimpinan lainnya. Hadir pula Dr. Yudanto, M.Pd (Kepala Unit KKN, PK, PI, dan Magang)

Pada kesempatan kali ini Rektor UNG Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok,ST,M.T,IPM,ASEAN.Eng.,(Rektor Universitas Negeri Gorontalo), berkenan hadir dan memberi sambutan serta membuka acara,serta narasumber eksternal yaitu Ir. Fenty Yusdayati,M.T., (Kepala Bappeda Bantul) yang akan menyampaikan paparannya dengan tema “ Pemberdayaan Masyarakat melalui Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi” dan  Drs. Suhirman,M,Pd., (Wakil Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY), yang anatinya akan memberikan materi dengan tema :pembelajaran di Era Transformasi Digital”,  serta 314 orang mahasiswa yang merupakan perwakilan dari 3559 yang mengikuti via zoom pembekalan kali ini. 

Dr. Yudanto,M.Pd., (Ketua KKN, PK, PI, dan Magang) dalam laporannya memaparkan bahwa tujuan dari adanya kegiatan pembekalan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang KKN dan/ atau PK yang meliputi konsep, skema, program kerja, jumlah waktu, etika, tugas DPL, tugas guru pamong, pelaporan, penilaian, dan system, untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pelaksanaa KKN dan/ atau PK, serta untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi mahasiswa dengan mahasiswa lain dalam satu kelompok yang berasal dari berbagai prodi. Dalam kesempatan kali ini Yudanto juga memaparkan jadwal untuk kegiatan KKN dan/ atau PK .

“Untuk pelepasan KKN dan/ atau PK pada 13 Juli 2023, Pelaksanaan KKN Prodi Non Kependidikan dan PK Prodi Kependidikan pada 13 Juli- 30 September 2023, Penarikan KKN Prodi Non Kependidikan dan  PK prodi Kependidikan pada 29 dan 30 September, Penerjunan KKN Prodi Kependidikan pada 13 Oktober-30 Desember 2023 dan Penarikan KKN Prodi Kependidikan pada 29 dan 30 Desember 2023,”urai Yudanto panjang lebar. 

Ia juga menambahkan untuk lokasi pelaksanaan KKN berada di wilayah DIY (Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, dan Gunung Kidul), Jawa Tengah (Purworejo, Magelang, Temanggung, Banjarnegara, Purbalingga, Keebumen, Klaten, Boyolali, Wonogiri, dan Blora), Jawa Timur (Pacitan), dan Kalimantan Barat (Kabupaten Bengkayang dan Sambas), sedangkan untuk lokasi PK di sekolah/ lembaga/ klub di wilayah DIY ( Sleman, Bantul, Kota Yogyakarya, Kulon Progo, dan Gunungkidul), Jawa Tengah (Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Surakarta, Magelang, Purwarejo, dan Wonosobo), Bekasi, Jakarta, Maluku Tengah, dan Malaysia. 

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., dalam sambutannya berharap bahwa lewat pembekalan kali ini bisa memotivasi mahasiswa untuk mengoptimalkan pengabdiannya di masyarakat maupun lembaga atau perusahaan dimana nanti ditempatkan. Profesor Sumaryanto juga menjelaskan bahwa salah satu bukti dirinya peduli terhadap masyarakat adalah dengan didirikannya Kampung Emas UNY yang berada di wilayah Seyegan, Sleman yang bertujuan untuk membina masyarakat sekitar dan kedepannya juga akan dibangun di Kulon  Progo dan Bantul. 

Rektor UNG, Prof. Dr. Ir. H. Eduart Wolok, ST,MT,IPM, ASEAN.Eng. Ketika memberikan sambutan mengatakan bahwa para mahasiswa yang hadir  untuk mengikuti pembekalan kali ini wajib bersyukur karena tidak semua mahasiswa mendapatkan kesempatan seperti ini. Profesor Eduart Wolok menambahkan UNG juga konsisten mengembangkan desa- desa yang ada di wilayah sekitar seiring dengan kebijakan Menteri Desa, pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Abdul halim Iskandar yang giat mengembangkan potensi-  potensi yang dimiliki seluruh desa yang aada di Indonesia.  Rektor UNG ini juga mengaku salut atas gaya kepemimpinan Rekttor UNY yang mampu mengakomodasi semua potensi yang dimiliki semua civitas akademika UNY. 


Penulis: Khairani Faizah
Editor: Sudaryono


 

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus