SOSIALISASI DAN PENGISIAN APLIKASI BANK BAGI PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI ANGKATAN 2019

1
min read
A- A+
read

SOSIALISASI DAN PENGISIAN APLIKASI BANK BAGI PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI ANGKATAN 2019

Dengan muka berseri-seri, sejumlah 1300 mahasiswa mengikuti “Sosialisasi bidikmisi dan pengisian data aplikasi bank bagi mahasiswa bidikmisi angkatan 2019 di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta, Senin (18/11). Hadir pada kegiatan tersebut Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, perwakilan bank penyalur biaya pendidikan (BTN), perwakilan BPKP, dan tamu undangan lainnya.

Rektor UNY berkeinginan agar mahasiswa bidikmisi dapat sebagai pelopor dalam mengisi  kemerdekaan yang telah diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta, itulah inti dari sikap nasionalisme. Lebih lanjut Sutrisna Wibawa menyampaikan harapannya agar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi agar 1) mempertanggungjawabkan beasiswa yang diterima secara baik untuk kepentingan pendidikan, 2) menjadi contoh mahasiswa yang baik dengan memperoleh nilai yang terbaik, 3) menjadi contoh nasionalisme dan wawasan kebangsaan yang baik, 4) memanfaatkan waktu dengan baik dan memanfaatkan UKM sebagai pelengkap kegiatan kurikuler, 5) memiliki jiwa 4 C (Critical thinking, Creative & inovatif, Communication, Collaboration). Lebih lanjut beliau berpesan agar mahasiswa cepat lulus dan lulus tepat waktu.

Penerima beasiswa bidikmisi ini terdiri dari berbagai jalur penerimaan yaitu dari SNMPTN, SBMPTN, UKT I, UKT II, SM, Usulan tambahan yang keseluruhannya berjumlah 1300 mahasiswa. Lebih lanjut Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan bahwa penerima bidikmisi akan selalu dievaluasi dari segi akademik maupun non akademik. Apabila ditemukan mahasiswa bidikmisi tidak lulus tepat waktu (8 semester), selanjutnya harus membayar sendiri. Dari sisi lain Margana juga mengungkapkan apabila secara finansial untuk pembiayaan pendidikan ini bilamana pada saat dilakukan monitoring ditemukan fakta dari orangtuanya sudah mampu untuk membiayai perkuliahan anaknya maka akan dilakukan perubahan status dari beasiswa menjadi pembiayaan mandiri.

Selanjutnya pada bagian akhir dari sosialisasi ini dilakukan pendampingan pengisian aplikasi membuka buku tabungan yang dilakukan oleh petugas dari Bank Tabungan Negara, sehingga dalam waktu dekat akan dilakukan transfer dan cetak buku tabungan. Pada pertemuan ini juga diberikan formulir pengisian aplikasi buku tabungan BTN, juga diberikan uang transport bagi mahasiswa yang berasal dari luar DIY. (Sdr).