UNY AKAN SELENGGARAKAN WISUDA SECARA VIRTUAL SABTU, 15 AGUSTUS 2020

1
min read
A- A+
read

UNY AKAN SELENGGARAKAN WISUDA SECARA VIRTUAL SABTU, 15 AGUSTUS 2020

Akan ada yang berbeda pelaksanaan wisuda yang akan diselenggarakan Universitas Negeri Yogyakarta pada hari Sabtu (15/8) mendatang. Pada masa Pandemi Covid-19, semua aktvitas harus dilaksanakan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, salah satunya aturan tersebut adalah “jaga jarak”. Itulah yang akan diterapkan dalam pelaksanaan wisuda besok.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaa, dan Kerja Sama, Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd. mengatakan, “tanggap darurat Yogyakarta itu diperpanjang sampai dengan 31 Agustus 2020, dan untuk menghindari penyebaran Covid-19 secara nasional dan di Yogyakarta masih tinggi, serta demi keamanan dan keselamatan semuanya (warga UNY, panitia, peserta, maupun keluarga wisudawan), itulah mengapa kita memilih wisuda dilaksanakan secara daring atau virtual.”

Menyinggung tentang pelaksanaan wisuda, Setyo menjelaskan, “Akan disediakan 9 host untuk zoom meeting yaitu di 7 Fakultas, 1 Pascasarjana, dan 1 Rektorat yang dilaksanakan di Auditorium UNY. Nanti gabungnya itu mereka masuk di host fakultas dan pascasarjana. Pada saat acara inti wisuda itu mereka, secara live streaming mengikuti dari  masing-masing host fakultas atau dari rumah masing-masing. Kemasannya akan dipersingkat.”

“Pemindahan kucir saat wisuda akan ada perwakilan sejumlah 11 perwakilan, dari masing-masing fakultas dan masing-masing jenjang. Perwakilan ini dipilih yang terbaik di fakultas per jenjang, dengan catatan tinggal di Yogyakarta, bila terbaik pertama berasal dari luar Yogya, maka akan dipilih berikutnya berdasarkan rangking berikutnya,” kata Setyo.

Jumlah wisuda periode II tahun 2020 ini akan diikuti sebanyak 810 peserta, dengan rincian jenjang D3 sebanyak 81 peserta, S-1 non kependidikan 149 peserta, S-1 Kependidikan sejumlah 460, S-2 sebanyak 112, dan S3 sebanyak 37 peserta. Peserta cumlaude sebanyak 499 dan summa cumlaude sebanyak 1 orang yaitu Ndyayisena Japhet, M.Or. prodi Ilmu Keolahragaan S-2 Pascasarjana. Sedangkan 144 mahasiswa bidikmisi  akan mengikuti wisuda besok, dengan rincian dari FIP sebanyak 29 calon wisudawan, FBS 16 calon wisudawan, FMIPA 15 calon mahasiswa, FIS 16 calon mahasiswa, FT 19 calon wisudawan, FIK 27 calon wisudawan, dan FE sebanyak 22 calon wisudawan.

Sebanyak 10 wisudawan yang akan mengikuti wisuda dari program kerjasama, mitra kerjasama tersebut dari Kemenkes, BPPDN, KNB, LPDP, Bangka Tengah, dan Sumatera Selatan. “Semoga acara wisuda besok dapat berjalan dengan aman dan lancar,” pungkas Setyo mengakhiri penjelasannya. (Sud)