UNY MEMANGGIL PUTRA PUTRI TERBAIK INDONESIA MENJADI REKTOR UNY

1
min read
A- A+
read

sosialisasi penjaringan bakal calon rektor Universitas Negeri Yogyakarta periode 2021-2025.

Sehubungan masa Jabatan Rektor UNY akan berakhir pada Maret 2021, maka Panitia Pemilihan Rektor UNY jauh-jauh hari sebelumnya sudah merancang berbagai kegiatan, salah satunya melakukan sosialisasi penjaringan bakal calon rektor Universitas Negeri Yogyakarta periode 2021-2025.

Sosialisasi yang dilaksanakan secara daring ini dipilih karena melihat kondisi saat ini yang sedang pada masa Pandemi Covid-19. Seperti yang dikatakan Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNY Periode 2021-2025, Prof. Dr. Muh. Farozin, M.Pd. “Bapak Ketua dan Sekretaris Senat, Bapak Kabiro, Ibu Bapak Panitia. Mohon maaf. Memperhatikan kondisi kampus maka sosialisasi Pilrek luring ditiadakan. Namun dilakukan secara daring. Mohon dapat disampaikan kepada pimpinan yang sudah mengetahi akan ada luring.”

Pelaksanaan sosialisasi secara daring dilaksanakan di studio LPMPP UNY, Selasa (22) menghadirkan Prof. Dr. Muh. Farozin, M.Pd, selaku Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNY Tahun 2020, dan Prof. Dr. Zamzani, M.Pd. selaku Ketua Senat UNY. Bertindak sebagai moderator Dr. Abdul Alim.

Dalam kesempatan tersebut, Zamzani mengatakan, “Ketua panitia dpt menginformasikan bagaimana prosedur dan persyaratan untuk menjadi Rektor UNY, sehingga dikemudian hari tidak ada permasalahan yang berarti.” Sehingga harapannya, “semoga tahapan yang sudah dirancang, dapat dilalui dengan baik dan lancar.”

Sejalan dengan hal tersebut, Farozin selaku Ketua Panitia menjelaskan beberapa hal, “Beberapa tahapan pemilihan Rektor UNY meliputi 1). Tahap Penjaringan (sosialisasi Pilrek UNY, pendaftaran Bakal Calon Rektor UNY, Seleksi Administrasi Bakal Calon Rektor UNY, Penetapan Bakal Calon Rektor UNY, dan pengumuman Bakal Calon Rektor UNY; 2). Tahap Penyaringan (paparan visi, misi, dan program Calon Rektor UNY, Penilaian dan Penetapan 3 Calon Rektor UNY, dan Penyerahan hasil penyaringan 3 Calon Rektor UNY kepada Menteri; 3) Tahap Pemilihan (pemilihan Calon Rektor UNY, periode 2021-2025, Penyerahan hasil pemilihan calon Rektor UNY kepada Menteri); dan 4) Tahap Pelantikan (Pelantikan Rektor UNY terpilih oleh Menteri waktu ditentukan oleh Menteri).”

Media sosialisasi dalam rangka memperoleh putra-putra terbaik untuk membangun UNY dilakukan dengan berbagai cara, pengumuman via media massa baik skala nasional maupun daerah, surat elektronik yang dikirimkan melalui whatsaap grup kepala biro se Indonesia, kehumasan se Indonesia, media sosial yang dimiliki UNY yang lebih dikenal dengan uny official, juga dengan mengirim email ke berbagai perguruan tinggi dan LLDIKTI.

“Pemasangan baliho sosialisasi pilrek ini, dilakukan di depan gerbang rektorat UNY, pojok Stadion Sepakbola dan Atletik UNY, pojok kampus FT UNY, Kampus UPP I, Kampus UPP II, Kampus Wates Kulon Progo, dan di Kampus Gunungkidul. Sedangkan spanduk dipasang di Gedung Rektorat, tujuh Fakultas, satu Pascasarjana, dan 2 lembaga (LPMPP dan LPPM),” terang Farozin.

“Semua informasi tentang Pemilihan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2021-2025 tertuang di website uny.ac.id, yang meliputi pengumuman, persyaratan bakal calon rektor, tata cara pendaftaran, jadwal pemilihan, formulir pendaftara, dan surat pernyataan.  Sedangkan untuk komunikasi via email dapat dikirimkan melalui panpilrek@uny.ac.id,” lanjut Farozin. (Sud).