Upacara Hari Pendidikan Nasional di UNY

2
min read
A- A+
read

Upacara Hardiknas

Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan upacara Hari Pendidikan Nasional di halaman Rektorat, Selasa (2/5) yang diikuti dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Bertindak sebagai pembina upacara Rektor UNY Prof. Sumaryanto. Tahun ini Hari Pendidikan Nasional mengambil tema ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’. Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makariem dalam sambutannya yang dibacakan Rektor UNY mengatakan pada tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi dimana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode  Merdeka   Belajar  yang  sudah  diluncurkan   membawa   Indonesia semakin  dekat dengan  cita-cita  luhur  Ki Hadjar  Dewantara,  yaitu  pendidikan  yang  menuntun  bakat,  minat,  dan potensi peserta  didik agar mampu  mencapai  keselamatan  dan kebahagiaan  yang setinggi-tingginya sebagai  seorang manusia  dan sebagai  anggota  masyarakat. Anak-anak  sekarang  bisa belajar  dengan  lebih  tenang  karena  aktivitas  pembelajaran   mereka dinilai  secara lebih holistik  oleh gurunya  sendiri. Para kepala sekolah  dan kepala daerah yang dulu kesulitan  memonitor  kualitas pendidikannya  sekarang  dapat menggunakan data Asesmen  Nasional di Platform  Rapor Pendidikan  untuk melakukan  perbaikan  kualitas  layanan pendidikan.

Sejalan  dengan  Kurikulum  Merdeka  yang  menekankan  pembelajaran   mendalam  untuk mengembangkan   karakter  dan kompetensi,   seleksi  masuk  perguruan  tinggi  negeri  pun  sekarang fokus pada mengukur  kemampuan  literasi dan bernalar. Pada jenjang  perguruan  tinggi,  adik-adik  mahasiswa  yang dulu hanya  belajar  teori di dalam kelas sekarang  bisa  melanglang   buana  mencari  pengetahuan   dan pengalaman   di luar kampus  dengan hadimya  program-program   Kampus  Merdeka. Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil” kata Mendikbudristek. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan  sepanjang  tiga tahun terakhir,  kita dapat merancang  arah perjalanan  kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan  gerakan  Merdeka  Belajar. Layar  yang  sudah  kita  bentangkan  jangan  sampai  terlipat  lagi.  Kita  semua,  para  pendidik   dan tenaga kependidikan,   seniman  dan pelaku budaya, juga peserta  didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah  kapten   dari  kapal  besar  yang  bemama   Indonesia   ini.  Perjalanan   harus  kita  lanjutkan, perjuangan  mesti  kita teruskan,  agar semua  anak bangsa  merasakan  kemerdekaan   yang  sebenar-benamya  dalam belajar  dan bercita-cita. Mendikbudristek mengajak untuk menyemarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Dalam kesempatan ini Rektor UNY memberikan penghargaan pada mahasiswa berprestasi pada bidang penalaran, seni, olahraga, kesejahteraan dan minat khusus UNY. Perwakilan mahasiswa yang menerima adalah Khakam Ma’ruf Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional "Pendikar" Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor, Karomatun Nissa 2nd Place Winner The 3rd Kibo Robot Programming Challenge (Kibo-RPC) Final Round 2022 yang diselenggarakan oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) in cooperation with National Aeronautics and Space Administration (NASA), Damar Albaribin Syamsu Juara II Divisi Pengembangan Perangkat Lunak dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (GEMASTIK) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek di Universitas Brawijaya Malang, Maria Natania Tya Astuti Gold Medal Champion of Mixed Choir Category dalam “The 11th Bali International Choir Festival 2022” di Denpasar, Bali, Yudha Biru Pradana Gold Medal of Musica Sacra Category dalam “The 11th Bali International Choir Festival 2022” di Denpasar, Bali, Bayu Prihantoro Juara II Tangkai Desain Poster dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XVI Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemendikbudristek di Universitas Brawijaya, Malang, Putri Andini Wahyuningrum Juara II Ganda Putri Cabor Bulutangkis dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek di Padang, Sumatera Barat, Raden Odo Prangbakat Suryo Sukamto Juara I Kyorugi Senior Under 54 kg Putra Cabor Taekwondo dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek di Padang, Sumatera Barat, Shallma Lushiana Juara III Kelas E Putri Cabor Pencak Silat dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek di Padang, Sumatera Barat, Yahya Kurniawan Juara I (Terbaik Nasional 1) Kategori Kompetisi Keuangan Audit Investigatif dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek di Universitas Internasional Semen Indonesia, Gresik, Jawa Timur, Henny Roi Sarito Sitanggang Juara I Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) Mahasiswa Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dan Dana Brata Fitriawan Kusuma Juara I Kategori Jasa dan Perdagangan dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek di UPN Veteran Jawa Timur.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

Kategori Humas
MBKM