TANTANGAN GENERASI MILENIAL MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

1
min read
A- A+
read

TANTANGAN GENERASI MILENIAL MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

 “Terdapat tiga keterampilan yang harus dikuasai generasi milenial dalam menyongsong era Revolusi Industri 4.0. Ketiganya adalah pemecahan masalah kompleks, berpikir kritis, dan daya kreativitas,” ujar Teguh Wicaksono dalam pidatonya di National Speech Competition yang diselenggarakan di Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Gresik, Sabtu (16/11/2019).

Pidato teguh yang bertajuk How To Be A Superhero As The Millennial Generations To Fight In Industrial Revolution 4.0 Era memenangkan juara kedua pada kompetisi tersebut. Lomba National Speech Competition merupakan bagian dari rangkaian acara yang bertajuk UISI International Day. Sebelum memasuki tahap final, Teguh menjadi salah satu dari 10 finalis yang terpilih melalui video pidato yang diunggah melalui kanal YouTube.

Teguh menyampaikan bahwa latar belakang diangkatnya tema ini  berkaitan dengan semakin maraknya kasus kejahatan siber di Internet. Misalnya, perundungan daring (cyber bullying), hoaks, pernyataan ujaran kebencian (hate speech), berita provokatif palsu, pornografi, hingga penipuan daring.

“Fenomena negatif ini bisa menyebabkan rusaknya kesehatan mental  generasi muda Indonesia,” ujar Teguh ketika dihubungi melalui WhatsApp, Sabtu (23/11/2019).

“Dengan menguasai keterampilan di Internet, saya mengkampanyekan penggunaan internet berlandaskan moral dan etika. Jangan digunakan untuk menyebar fitnah. Kita bisa gunakan internet untuk hal hal positif, misalnya untuk pengembangan diri,” tambah Teguh.

Teguh menyampaikan bahwa ia juga tidak menyangka akan memenangkan kompetisi tersebut. “Lawan-lawan saya [di UISI] hebat hebat. Tapi saya senang dan bangga ketika diumumkan menjadi pemenang,” tutup Teguh. (Muhammad Abdul Hadi/JK)