Wedangan nang Museum, Hari Jadi MPI UNY ke-14

1
min read
A- A+
read

Kegiatan dies natalis MPI

Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta diresmikan pada 8 Juli 2008 oleh Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Tahun ini Museum Pendidikan Indonesia UNY memasuki usia yang ke-14 tahun. Oleh karena itu, dalam rangka menyambut HUT ke-14, Museum Pendidikan Indonesia UNY mengadakan talkshow yang bertajuk “Optimis dalam Mewujudkan Museum Pendidikan yang Edukatif” pada Senin, 25 Juli 2022 yang bertempat di halaman belakang MPI UNY. Acara talkshow ini menghadirkan 4 narasumber, yaitu Drs. HY. Agus Murdiyastomo, M.Hum. (Ketua Pendirian MPI UNY 2008 - 2011), Dr. Sardiman, AM, M.Pd. (Kepala MPI UNY 2012 - 2016),  Dr. Drs. Hajar Pamadhi, M.A., (Hons). (Kepala MPI UNY 2017 - 2020), dan Prof. Dr. Dra. Trie Hartiti Retnowati, M.Pd. (Kepala MPI UNY 2021 - sekarang), dimoderatori oleh Bapak Asnan Arifin, S.Pd. Peserta talkshow terdiri atas Forum Komunikasi Museum Sleman, Barahmus DIY, Museum Mania, dan tamu undangan dari UNY. Hari jadi MPI UNY yang ke-14 ini memiliki beberapa agenda, mulai dari hiburan, pembukaan, sambutan-sambutan, potong tumpeng, sarahsehan, penyerahan cinderamata dan penutup.

Adapun pejabat yang memberikan sambutan antara lain; Prof. Dr. Dra. Trie Hartiti Retnowati, M.Pd. selaku Kepala MPI UNY saat ini,  Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. selaku Rektor UNY, dan sambutan Kepala Dinas Kebudayaan D.I.Y yang diwakili oleh Bapak Cahyo Widayat, S.H., Msi. selaku Sekretaris Dinas Kebudayaan D. I. Y. Rektor UNY dalam sambutanya menyampaikan rencana dan harapan tinggi pada MPI UNY bahwa,“Mulai 1 Januari besok -ini transisi- untuk menjadi unit tersendiri, setara dengan kampus wates, setara dengan PPG, setara dengan KKN, maka monggo silahkan diidentifikasi, apa yang bisa lebih hebat melanglangbuana.”

Acara selanjutnya talkshow memperingati hari jadi atau HUT ke-14 MPI UNY, dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang sejarah berdirinya Museum Pendidikan Indonesia UNY, dinamika dari masa ke masa, meningkatkan peran MPI dalam pengembangan pendidikan pada umumnya dan yang edukatif, meningkatkan kualitas MPI UNY dalam koleksi dan memamerkan koleksi serta, meningkatkan kesadaran tentang pentingnya museum. Talkshow ini membuka kembali cerita tentang perintisan Museum Pendidikan Indonesia UNY dalam berproses yang tidak mudah. Hingga kini, MPI UNY mampu berdiri dengan pengelolaan yang lebih terintegrasi dan terarah.

HUT ke-14 MPI dimulai dari pukul 15.30 hingga 18.00 WIB. Walaupun acara berlangsung singkat, acara dapat berjalan dengan lancar. Acara begitu unik dengan konsep Wedangan Angkringan, dengan suasana yang cukup mendukung saat berlangsungnya acara. Begitu banyak kesan dan makna yang mendalam dari acara ini, salah satunya dengan potong tumpeng sebagai agenda simbolis yang menunjukkan perayaan HUT MPI ke-14. (Ajeng Rosiyani Dewi)