698 Mahasiswa Mengikuti Orientasi Akademik PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2024

1
min read
A- A+
read

Unit Pendidikan Profesi Guru (PPG) Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Rabu (17/1) menyelenggarakan orientasi akademik bagi mahasiswa baru PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2024 di Gedung Pertunjukan Performance Hall FBSB. Kegiatan ini diikuti oleh 698 mahasiswa yang berasal dari 16 bidang studi.

Orientasi akademik dibuka oleh Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M. Kes., AIFO. Dalam sambutannya, Rektor UNY menyampaikan harapannya agar mahasiswa PPG Prajabatan memiliki output yang selaras, serasi, dan seimbang. Selain itu, mahasiswa PPG Prajabatan juga diharapkan memiliki kompetensi tidak hanya kognitif dan psikomotorik, tetapi juga afektif.

Dalam laporannya, Direktur DPPK UNY Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M. Kes., AIFO. menyampaikan bahwa tujuan dari orientasi akademik ini adalah untuk memberikan pemahaman growth mindset kepada mahasiswa PPG Prajabatan. Dengan pemahaman growth mindset, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengikuti program PPG Prajabatan.

Kegiatan orientasi akademik ini diisi dengan berbagai materi, antara lain: Pengenalan Program PPG Prajabatan, Kurikulum PPG Prajabatan, Sistem Pembelajaran PPG Prajabatan, Etika Profesi Guru, Psikologi Pendidikan. Kegiatan orientasi akademik ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa PPG Prajabatan tentang program PPG Prajabatan. Dengan demikian, mahasiswa PPG Prajabatan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti program ini dan menjadi guru profesional yang berkualitas.

Penulis: Aziza Puspadewi Safitri
Editor: Prasetyo Noviriyanto

IKU
IKU 7. Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif