SOSIALISASI PEMBANGUNAN KAMPUS UNY GUNUNGKIDUL

1
min read
A- A+
read

SOSIALISASI PEMBANGUNAN KAMPUS UNY GUNUNGKIDUL

Pembangunan kampus UNY di Semanu sejalan dengan harapan masyarakat Gunungkidul yang tertuang dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Semanu yang dilakukan tahun lalu, bahwa Camat Semanu Huntoro PW, SH mengusulkan kepada Bupati agar kampus-kampus yang masuk ke Gunungkidul ditempatkan di Semanu. Selain masih banyak areal yang luas, kecamatan Semanu merupakan kecamatan yang langsung berdekatan dengan Kota Wonosari. Jika kampus UNY menempati di Semanu sangat strategis dan realistis.

Dengan restu DPRD, Bupati Gunungkidul, dan Rektor UNY, sepakat  menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah tentang hibah tanah milik Pemerintah Kabupaten Gunungkidul kepada UNY  pada tanggal 2 Oktober 2019 di Rumah Dinas Bupati Gunungkidul. Kegiatan tersebut dihadiri juga Setda Gunungkidul, OPD dan segenap pimpinan dari Kabupaten Gunungkidul. Selain Rektor, dari pihak UNY juga turut hadir Wakil Rektor, dan segenap jajaran pimpinan terkait.

Pada saat ini, Selasa, (21/1) dilaksanakan sosialisasi pembangunan Kampus UNY Gunung kidul yang bertempat di balai desa Pacarejo, Semanu. Rencananya kampus ini dijadikan prioritas untuk sekolah vokasi disamping yang sudah ada di kampus Wates. Ke depan, kampus akan dibangun dan langsung membuka pendaftaran pada bulan Juli 2020. Ada delapan prodi yang akan dibuka, yaitu Pengelolaan Usaha Rekreasi, Logistik Perdagangan Internasional, Bisnis Kreatif, Bisnis Digital, Tata Boga, Akuntansi, dan Teknik Informatika.

Turut hadir pada acara sosialisasi kali ini dari pemda Gunungkidul diwakili Sekretaris Daerah Gunungkidul, Staf Ahli Asisten Setda, Kapolres, Komandan Kodim, Para Kepala Dinas, Camat, Kades Pacarejo, Para Kepala Dukuh di Desa Pacarejo serta beberapa warga di sekitar lokasi pembangunan kampus, sedangkan dari UNY Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro, Para Kabag/Kasubag.,

Pada kesempatan itu Sekda Pemkab GK yang diwakili Asisten Administrasi Umum,. Anik Indarwati. mengatakan menyambut baik sosialisai pembangunan gedung perkuliahan ini, dan berharap banyak dengan dibangunnya kampus di Gunungkidul yang diyakini akan meningkatkan IPM Kabupaten GK, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pada akhir sambutannya berharap ke depan kampus UNY di GK terus berkembang dan mampu menjadi daya tarik dari kabupaten tetangga Gunungkidul. “Biilamana terdapat kendala mengenai pembangunan kampus  supaya terus dikomunikasikan ke Pemda Kabupaten Gunungkidul agar segera terwujudknya pembangunan gedung perkuliahan ini.” Pungkas Anik Indarwati menutup sambutannya.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Sutrisna Wibawa menyampaikan pembangunan kampus perkuliahan tahap pertama akan dimulai pertengahan Februari 2020 yang akan diperuntukkan untuk pelaksanaan perkuliahan 8 (delapan) program studi. “Persentase anak-anak Gunungkidul akan kita tampung sekitar 50%” kata Sutrisna Wibawa. Pengalaman program vokasi di Kulon Progo, dengan adanya kampus masyarakat belum siap menyediakan tempat kos, maka perlu disediakan kos-kosan di sekitar kampus. “Monggo dimulai pembangunan kos, radius 2-3 KM, yang penting jangan mahal-mahal, harganya terjangkau” imbuh Rektor.

Selanjutnya dipaparkan tentang grand design pembangunan kampus dari Pola Data Consultan selaku konsultan pembangunan. Masyarakat sangat menyambut baik pembangunan kampus UNY di Gunungkidul. Permintaan dari  masyarakat tentang rencana pembangunan antara  lain diberi akses jalan pintu dari arah timur, atap gedung disesuaikan dengan budaya setempat (jangan minimalis), dan pembuatan sumur resapan. (Sdr).