ALUMNUS PENDIDIKAN SENI MUSIK CIPTAKAN LAGU

1
min read
A- A+
read

Hartoyo, S.Pd.

Berbagai cara dilakukan para pendidik untuik memotivasi agar anak didiknya tetap semangat belajar di rumah di masa pendemi Covid-19. Salah satu kiat di antaranya adalah dengan mencipta lagu yang diharapkan mampu memompa dan menjaga semangat belajar siswa melalui daring di rumahnya masing-masing. Salah seorang guru yang mencipta lagu bertema motivasi adalah Hartoyo, S.Pd. Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Kasuran Seyegan Sleman. “Lagunya saya beri judul Tetap Semangat yang disosialisasikannya melalui video klip” ujar Hartoyo.

Bait pertama lagu ciptaan alumni program studi Pendidikan Seni Musik UNY itu berbunyi: Musibah ini Allah yang memberi/ Tak bisa kita menghindari/ Hadapi dengan penuh ikhlas hati/ Tuk mendapatkan hikmah yang berarti. Bait kedua: Murid-muridku kita sabar dulu/  Pandailah dalam isi waktu/ Hadapi dengan rasa ikhlas di hatimu/ Pasti nanti ada hikmah untukmu. Reffrain bait pertama: Bersama mari cerdas menyikapi/ Bersama usir sedih yang di hati/ Lakukan apa yang nanti kan berarti/ Sembari memohon ridho Illahi. Bait kedua: Yakinlah kita pasti akan bisa/ Yakinlah wabah nanti akan sirna/ Walau belajar dari rumah saja/ Namun prestasi akan tetap nyata.

Hartoyo mengungkapkan kegiatan belajar-mengajar melalui daring di masa pandemi Covid-19 bukan pekerjaan mudah. Apalagi kalau orang tua siswa tidak siap mendampingi dan membimbing karena berbagai alasan. Salah satu diantaranya tingkat pendidikan yang pernah diperolehnya. Ia berharap lagu Tetap Semangat bukan hanya mampu memotivasi siswa, tetapi juga para guru yang bertanggung jawab akan sukses belajar anak didiknya. (Soeparno S. Adhy-KR)