IKA UNY SELENGGARAKAN WEBINAR NASIONAL “PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID-19”

1
min read
A- A+
read

IKA UNY SELENGGARAKAN WEBINAR NASIONAL “PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID-19”

Untuk kesekian kalinya, Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta (DPP IKA UNY) di masa Pandemi Covid-19 ini menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional secara daring. Bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat, Sabtu, 18 Juli 2020 DPP IKA UNY menyelenggarakan Webinar Nasional “Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19.”

Dr. Sardiman, M.Pd. selaku Sekretaris Jenderal DPP IKA UNY menyampaikan harapan dalam sambutannya, “Semoga webinar ini sedikit bisa mengobati rasa rindu, kangen keilmuan. Pandemi Covid-19 ini menjadi peringatan Allah SWT kepada umat manusia yang mau berfikir. Jargon pendidikan karakter di masa pandemi ini belum menunjukkan secara signifikan, itulah sebabnya IKA UNY menggelar webinar ini,” jelasnya. Menurut Sardiman, yang terdaftar mengikuti webinar ini mencapai 2000an, “ Ini menunjukkan respon positif, akan tema tentang Pendidikan Karakter,” imbuh Sardiman.

Webinar Nasional ini yang bertindak sebagai moderator adalah Dr. Siswanto, M.Pd. Dekan FE UNY, sekaligus sebagai bendahara DPP IKA UNY. Sedangkan selaku pembicara pertama Prof. Suyanto, Ph.D. Guru Besar UNY sekaligus Ketua DPP IKA UNY, pembicara selanjutnya Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., dan yang terakhir Sigit Suryono, S.Pd., M.Pd. yang merupakan Guru SMPN 1 Wonosari Gunungkidul, DIY.

“Saat ini terjadi missleading dalam memahami new normal. New normal dianggap normal, dianggap tidak ada lagi Covid-19 sehingga bebas berperilaku, bebas tidak pakai masker, bebas tidak menjaga jarak, serta tidak menjaga protokol kesehatan. Perilaku seperti ini menunjukkan penafsiran yang tidak berbasis karakter” kata Suyanto dalam webinar tersebut. Sebagai pembicara pertama, Ketua DPP IKA ini menyampaikan tema Pentingnya Karakter Disiplin dan Tangguh Hadapi Covid-19.

Sedangkan pembicara kedua, Rektor UNY menyampaikan tema Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Secara garis besar, Sutrisna menyampaikan bahwa, “Pola-pola pembelajaran saat ini sudah nonlinear. Pola-pola dulu dianggap sudah tidak berlaku lagi, berganti dengan pola baru. Infrastruktur yang tidak mendukung bahkan tidak menghalangi perubahan ini". Dari sisi pendidikan karakter, Sutrisna memberikan contoh anak-anak bahkan harus naik gunung untuk dapat terlibat dalam pembelajaran daring yang sedang banyak diterapkan saat ini, hal ini mendidik anak-anak menjadi tangguh. “Mereka harus mencari solusi saat mengalami kesulitan sinyal internet,” jelas Sutrisna.

Sebagai pembicara ketiga Sigit Suryono, M.Pd. menyampaikan tema Peran Guru dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Masa Covid-19. Sigit menyampaikan, “Permasalahan yang terjadi saat ini membuat manusia semakin hebat, bukan menjadi lemah. Adanya Covid-19 melahirkan perasaan untuk saling menjaga diri, menjaga kebersihan, menjaga jarak fisik, dan sebagainya.”

Peserta yang terlambat mengikuti webinar ini, masih dapat memperoleh materi pada  laman http://bit.ly/MATERIWEBINARIKAUNY2020
(Sud).