IKAPEN UNY Merintis Got Talent 2023

2
min read
A- A+
read

Peserta

Salah satu program baru IKAPEN UNY yang diprediksi akan signifikan ke depan adalah Ajang Mencari Bakat (Got Talent). Program ini dicanangkan bersamaan HUT IKAPEN UNY yang ke-13 tahun 2023 ini. Bakat adalah kemampuan alamiah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, bersifat umum atau khusus. Setiap orang tentu memiliki bakat atau talenta yang berbeda-beda. Bakat memungkinkan seseorang untuk mencapai prestasi dalam bidang tertentu. Apalagi didukung oleh minat yang cukup memadai. Untuk mencapai prestasi diperlukan latihan, pengetahuan, pengalaman, dan motivasi.

IKAPEN UNY GOT TALENT 2023 merupakan sarana bagi para anak-cucu keluarga besar UNY (dan sekitarnya) dalam menyalurkan dan mengembangkan minat, bakat, dan potensi yang dimiliki, seperti menari, menyanyi, pidato, melukis, menulis puisi, dan seterusnya. Acara ini dilaksanakan sekaligus untuk memeriahkan agenda Senam IKAPEN belum lama ini di Taman Pancasila UNY.

Gagasan Ketua IKAPEN UNY, Dr. Sardiman, A.M., M.Pd., tentang Ajang Mencari Bakat ini terinspirasi oleh berlangsungnya Indonesian Got Talent (IGT) dan American Got Talent (AGT). IGT adalah ajang pencarian bakat di tanah air, sementara itu AGT adalah program kompetisi pencarian bakat di Amerika, bagian dari Franchise Got Talent Global yang dimiliki oleh Simon Cowell.

Diawali dengan Senam IKAPEN bersama para pimpinan UNY, yang dimeriahkan dengan doorprize untuk peserta senam, Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya, Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. mewakili Rektor, menegaskan dengan senam menjadikan hidup sehat untuk memasuki usia pensiun. “Kegiatan hari ini dimeriahkan dengan kegiatan mencari bakat anak-cucu kita. Marilah kita nikmati hidup kita bersama cucu-cucu kita. IKAPEN sehat. UNY jaya” kata Edi Purwanta.

Ketua IKAPEN UNY, Dr. Sardiman, A.M., M.Pd., juga menyatakan bahwa IKAPEN sebagai wadah pensiunan UNY mencoba bersilaturahmi melalui media anak cucu kita dengan cara bersama-sama melihat bakat-bakat yang dimiliki anak-cucu kita. Ide IKAPEN UNY Got Talent 2023 ini sebenarnya sudah mulai terpikirkan tahun lalu, namun baru bisa dilaksanakan tahun ini. Dengan harapan Ajang Mencari Bakat ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun menjelang Hari Jadi IKAPEN UNY. Mohon doa restu hadirin semoga program ini bisa berlanjut seperti visi UNY berkelanjutan. Mohon IKAPEN UNY Got Talent 2023 ini tidak dibanding-bandingkan dengan AGT yang membuat Putri Ariani dari Indonesia (c.q. DIY/Bantul) pada 2023 ini berhasil memenanginya dan menjadi topik pembicaraan di berbagai negara di dunia.

Peserta yang berpartisipasi dalam IKAPEN UNY Got Talent 2023 ada 13 penampil dengan jumlah peserta 25 anak, berasal dari beberapa TK/SD yang ada di wilayah DIY. Para penampil tersebut dari: TK Minomartani 1, TK ABA Rejodani, TK Dharma Bhakti 1 Karangwuni, TK Perum Solo Paradiseno A2 Ngadisono Joglo Surakarta, TK My Little School, TK Tri Pusara Rini Komplek Colombo, SD Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan TK Among Putro Babadan Bantul.

Para peserta Ajang Mencari Bakat yang berusia 4 - 12 tahun, dengan durasi 5 – 7 menit; menggunakan kostum dan rias masing-masing berusaha menyajikan talentanya masing-masing, baik secara perorangan maupun tim. Selanjutnya, dari seluruh peserta yang mengikuti pengamatan oleh Dewan Pengamat: Dr. Hajar Pamadhi, M.A. (Horn.), Dra. Hartiwi, dan Fransisca Xaveria Diah Kristianingsih, S.Pd., M.A. berhasil memilih 5 penampil terbaik, yang mendapatkan tropi, uang pembinaan, dan sertifikat (seluruh peserta juga mendapatkan sertifikat).

Kelima penyaji terbaik Penyaji Terbaik tersebut sebagai berikut. Penyaji Terbaik I: Samudera Arghad dan Fa’al Abiyyu Nabhan (TK Minomartani 1) dengan materi Tari Buto-buto Galak, Penyaji Terbaik II: Alesha Queenara Wibowo, Azhima Meizurranisya, dan Shinta Adhiguna (TK Dharma Bakti 1 Karangwuni) dengan materi Tari Topi, Penyaji Terbaik III: Nadia Noveria Putri dan Fathma Tertia Ramadhani (TK Tri Pusararini) dengan materi Tari Blakdidot, Penyaji Harapan I: Inggil Fazaria G. dan Shaquille Hafiz R. (TK Minomartani 1) dengan materi Tari Prajurit Bandung Bondowoso, dan Penyaji Harapan II: Khazin, Zerina, dan Aqila (TK Among Putro Babadan Bantul) dengan materi Tari Buta-buta Galak.

Sebagai kehormatan, untuk Penyaji Terbaik I dan II diberi kesempatan untuk mementaskan kebolehannya itu pada puncak acara Hari Ulang Tahun IKAPEN UNY yang ke-13 tahun 2023. Keputusan dewan pengamat tidak boleh diganggu gugat. Koordinator kegiatan IKAPEN UNY Got Talent 2023, Drs. Wien Puji P., M.Pd. ketika dihubungi awak media internal mengharapkan agenda IKAPEN UNY Got Talent 2023 ini dapat membantu memudahkan anak-cucu di lingkungan UNY dan sekitarnya untuk dapat menyalurkan dan mengembangkan minat, bakat, dan potensi yang dimilikinya.

Penulis: Hartati

Editor: Dedy