KPRI “Mapan Sejahtera” Selenggarakan RAT Tutup Buku Tahun 2023

2
min read
A- A+
read

Bertempat di Aula Gedung IKA UNY, KPRI “Mapan Sejahtera” menyelenggarakan Rapat Anggota Tahun (RAT) Tutup Buku 2023. RAT ini dihadiri Rektor, Wakil Rektor, Pengurus dan Anggota KPRI “Mapan Sejahtera”, disamping juga dihadiri oleh Pengawas, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Sleman, Dekopinda Kabupaten Sleman, dan tamu undangan lainnya.

Rektor UNY, Prof. Sumaryanto mengungkapkan bahwa kegiatan ini memang diutamakan untuk hadir karena mengutamakan untuk silaturahmi baik kepada dosen, tendik, maupun anggota KPRI “Mapan Sejahtera” yang telah purna tugas dari UNY. 

Rektor mengapresiasi RAT KPRI “Mapan Sejahtera” Tutup Tahun 2023 denga sejalan dengan tagline dari UNY yaitu Jayalah Lembaga dan Sejahteralah Warganya, Jaya ini termasuk juga jaya untuk koperasi KPRI “Mapan Sejahtera” dan termasuk mitranya dari dinas koperasi dan dekopinda. Sedangkan sejahtera yang dimaksud adalah sejahtera minimal 4 pilar, yaitu dosen, tendik, mahasiswa, alumni termasuk pengapit mitra dan purnakarya UNY.

Prof. Sumaryanto berpesan untuk mengoptimalkan sinergi dengan mitra baik dari organisasi dalam UNY maupun mitra luar UNY, sehingga akan lebih mensejahterakan warga dari KPRI “Mapan Sejahtera” ini.

Perwakilan dari Dinas Koperasi Kabupaten Sleman, Dra. Sri Suratini mengatakan bahwa atas nama Dinas mengucapkan terima kasih atas kerja keras KPRI “Mapan Sejahtera”, RAT Tutup Buku 2023 dapat terselenggara dengan tepat waktu. Selanjutnya Dra. Sri Suratini mengungkap adanya peraturan koperasi tahun 2023, bahwa koperasi dapat menjalan kegiatan keuangan 
berdasarkan  Permenkop Nomor 8 tahun 2023 tentang Simpan Pinjam oleh Koperasi dan juga Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Pengelolaan Terpadu Usaha Mikro dan Usaha Kecil berupa Rumah Produksi Bersama melalui Dana Tugas Pembantuan. Dan juga menyampaikan tentang agenda dinas koperasi dalam rangka hari ulang tahun koperasi

Kepala Dekopinda Kabupaten Sleman, Sumadi juga menyampaikan bahwa anggota Koperasi melalui RAT dapat mencermati, penilaian, saran untuk kemajuan koperasi. Anggota dapat mencermati  program kerja ke depan dan Rencana Anggaran dan Pendapatan. Sehingga dengan adanya RAT ini, diupayakan Pengurus KPRI “Mapan Sejahtera” dapat dilakukan analisis SWOT.

Dalam RAT Mapan Sejahtera saat ini, Ketua KPRI Mapan Sejahtera Prof. Siswanto mengatakan bahwa RAT kali ini menjadi sarana bagi pengurus dan Badan Pengawas serta segenap. Anggota untuk menunjukkan rasa syukur kehadirat Allah SWT dan terus melakukan evaluasi dan pembenahan serta mempersiapkan perencanaan sebaik-baiknya sehingga konsep kerja Profesional, Amanah, Sejahtera, Tertata dan Inovatif (PASTI) dapat terwujud. 

“Sebagai pemilik atau pemegang saham, anggota KPRI “Mapan Sejahtera” ikut menentukan kebijakan dan rencana kerja melalui RAT ini. Salah satu hak anggota dalam RAT adalah mempelajari, menganalisa dan akhirnya mengambil keputusan bersama untuk dapat menerima dan mensyahkan laporan tahunan KPRI Tahun 2023. Dari berbagai aktivitas usaha yang kami sajikan dalam laporan menunjukkan hasil usaha atau pendapatan tahun 2023 mencapai Rp.2.739.647.077,00 dan SHU sebesar Rp.815.544.581,00.

Sementara itu, berdasarkan hasil audit yang dilakukan oleh Pengawas KPRI “Mapan Sejahtera” yang dipimpin oleh Dr. Rohali, M.Hum. menyimpulkan bahwa tugas roda organisasi dan pengelolaan usaha koperasi KPRI “Mapan Sejahtera” secara umum telah berjalan dengan baik, tertib, dengan jalinan kerja sama antar anggota pengurus, karyawan, dan juiga dengan sesuai dengan pembagian bidang tugasnya masing-masing.

Lebih lanjut ketua pengawas menyampaikan bahwa perkembangan dan kemajuan koperasi KPRI “Mapan Sejahtera” menunjukkan adanya kemajuan yang positif, namun memang tidak dapat dihindari adanya kekurangan dan permasalahan-permasalahan yang masih merupakan hambatan dan tantangan.

Namun secara umum, berdasarkan data-data kualitatif maupun kuantitatif sebagaimana disampaikan pada bagian terdahulu, dapat disimpulkan bahwa kondisi KPRI “Mapan Sejahtera” pada tahun buku 2023 tergolong SEHAT dengan kinerja yang SANGAT BAIK, sehingga dengan demikian dengan kerja keras dan cerdas pengurus dan Kerjasama yang baik antara pengurus, karyawan, anggota, dan semua stake holders, rasio-rasio tersebut akan dapat ditingkat.

Memperhatikan paparan Ketua KPRI “Mapan Sejahtera” dan tanggapan dari Pengawas KPRI “Mapan Sejahtera”, maka dengan aklamasi seluruh anggota KPRI “Mapan Sejahtera” dapat menerima laporan pertanggungjawaban termasuk pembagian SHU.

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo Noviriyanto 

IKU