MEMANFAATKAN INTERNET UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA

1
min read
A- A+
read

MEMANFAATKAN INTERNET UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA

Himpunan Mahasiswa (HIMA) PBSI UNY menyelenggarakan seminar nasioal bertajuk “Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Budaya Siber.” Seminar ini dilaksanakan di Digital Library UNY, Sabtu (26/10/19). Acara ini rutin diadakan dwi-tahunan dalam rangka menyemarakkan bulan bahasa yang jatuh di tiap akhir tahunnya.

Putri Prihartini, Ketua Panitia pada acara ini menyatakan bahwa latar belakang dihelatnya seminar adalah alternatif bagi mahasiswa untuk memperoleh ilmu langsung dari ahlinya. Terlebih lagi, topik yang diangkat merupakan bahasan aktual mengenai budaya siber dalam mempengaruhi aspek bahasa dan kesusateraan. “Dengan ini mahasiswa dan masyarakat luas dapat meningkatkan kualitas diri untuk mengambil sikap yang tepat dalam menghadapi budaya siber, terutama dari segi bahasa dan sastra,” ujar Putri ketika dihubungi melalui WhatsApp, Kamis (31/10/2019).

Guru besar Ilmu Sastra UGM Faruk Tripoli, penulis buku Brian Khrisna dan Wikipediawan Ivan Lanin adalah tiga pembicara kondang yang mengisi seminar ini. Jika Faruk menyampaikan menyampaikan mengenai sisi teoritis dari sastra siber atau sastra yang disebarkan melalui medium Internet, Ivan Lanin melengkapi dengan kiat-kiat memanfaatkan internet sebagai wahana pembelajaran bahasa. Sedangkan Brian membagi pengalamannya memanfaatkan internet untuk mengembangkan kemampuan sastrawinya.

Arummayang Nuansa Rizky, salah seorang peserta pada seminar ini menyatakan bahwa kendati sastra bukan bidang yang digelutinya, namun penyampaian materi seminar ini cukup menarik. “Menambah insight dan pemahaman baru tentang keadaan sastra saat ini,” pungkasnya, Jum’at (1/11/2019.) (Muhammad Abdul Hadi/JK)