MPI UNY TAMBAH KOLEKSI BENDA CAGAR BUDAYANYA YAITU ARCA AGASTYA DAN ARCA GANESHA

1
min read
A- A+
read

MPI UNY TAMBAH KOLEKSI BENDA CAGAR BUDAYANYA YAITU ARCA AGASTYA DAN ARCA GANESHA

Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta (MPI UNY) patut untuk berbangga hati karena dipercaya untuk menambah koleksinya yaitu Arca Agastya dan Arca Ganesha yang dipinjamkan langsung oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Untuk acara serah terima dan peminjaman yang berlangsung hari ini Jumat (23/4) di MPI UNY dihadiri oleh Profesor Margana (Wakil Rektor I), Profesor Edi Purwanto (Wakil Rektor 2), Prof Trie Hartiti Retnowati (Kepala MPI) dan staf dari MPI. Dari BPCB DIY hadir Dra. Zaimul Azzah, M.Hum. (Plt. Kepala BPCB) didampingi oleh beberapa staff.

Profesor Margana dalam pidato sambutanya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga karena BPCB DIY telah mempercayakan peminjaman Arca Ganesha dan Arca Agastya kepada MPI UNY untuk menambah koleksi benda bersejarahnya. Selain itu Profesor Margana juga yakin bahwa dengan adanya dua Arca ini bisa menambah minat masyarakat luas untuk berkunjung ke MPI UNY serta tertarik untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan bangsa.

“ Dengan adanya koleksi Arca Agastya dan Arca Ganesha yang memiliki sejarah dan makna luar biasa ini, semoga kedepanya MPI UNY bisa menjadi rujukan bagi seluruh museum yang ada di Indonesia bahkan Internasional, “ Ucap Profesor Margana.

Dalam agama Hindu, Arca Ganesha sendiri dimaknai sebagai Dewa Pelindung, Dewa Ilmu Pengetahuan dan Dewa Kebijaksanaan. Sedangkan Arca Agastya dilambangkan sebagai Maharesi atau Mahaguru yang mengajarkan tentang dharma didunia.

Kepala BPCB DIY, Zaimul Azzah berharap dengan adanya Arca Ganesha dan Arca Agastya di MPI UNY ini bisa lebih bermanfaat terutama bagi mahasiswa yang tertarik mempelajari sejarah dan berharap juga MPI UNY dapat merawat dan menjaga dengan baik kedua Arca ini. (Khairani Faizah)