MUDAHKAN SISWA BELAJAR DI RUMAH, BEM FMIPA UNY MENGINISIASI PROGRAM RELAWAN BELAJAR MIPA

1
min read
A- A+
read

Wabah Covid-19 telah dinyatakan berstatus pandemic oleh World Health Organization (WHO).  Hal ini dikarenakan penularannya terus berlanjut dan tak terkontrol sehingga virus telah menyebar hampir seluruh dunia. Social distance merupakan salah satu kebijakan yang diambil oleh pemerintah Indonesia untuk memutus rantai penyebaran wabah ini.  Kebijakan tersebut tentu saja berimbas pada beberapa aspek kehidupan, salah satunya bidang pendidikan.

Mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi mengganti pembelajaran tatap muka langsung menjadi pembelajaran dalam jaringan atau daring. Akan tetapi tak sedikit peserta didik mengeluh kurang paham dengan materi yang didapatkan. Hal ini dikarenakan sebagian tenaga pendidik atau guru hanya memberikan tugas tanpa menjelaskan materi terlebih dahulu.

Melihat permasalahan tersebut Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM FMIPA) UNY 2020 menginisiasi program Relawan Belajar MIPA. Menurut Achmad Muhaemin selaku Ketua BEM FMIPA UNY, Program ini bertujuan untuk membantu para siswa/i SD hingga SMA sederajat dalam melaksanakan kegiatan belajar dirumah atau SFH ( Study From Home). Media yang digunakan dalam proses pembelajaran melalui WhatsApp dan tidak dipungut biaya (gratis).

Relawan Belajar MIPA memfasilitas siswa/i untuk berkonsultasi mengenai materi pelajaran atau tugas sekolah yang dirasa kurang paham. Materi yang ditawarkan antara lain IPA, Biologi, Fisika, Kimia, Matematika dan bahasa inggris sebagai pengaplikasian ilmu yang didapat  selama perkuliahan.

Mekanisme untuk proses konsultasi yaitu dengan menghubungi admin (089617622772),  setelah itu diarahkan untuk menghubungi tentor sesuai mata pelajaran yang diinginkan. Hingga saat ini kurang lebih sebanyak 460 siswa yang berkonsultasi mengenai materi pelajaran terkait.

Salah satu siswa mengungkapkan rasa terima kasih karena program ini sangat membantunya dalam belajar secara daring di masa pandemik ini. "Terimakasih kak, atas ilmunya. Semoga Tuhan membalas kebaikan kakak dan temen relawan kakak lainnya” ujar salah satu siswa.

Menanggapi hal tersebut Achmad Muhaemin selaku ketua BEM FMIPA UNY 2020 berharap kegiatan ini terus menebar manfaat. Ia berkata “ Kami harap kegiatan ini terus berjalan khususnya saat masa study from home seperti saat ini dan terus menebar kebaikan". (Vikhi Qomariyah)