Penganugerahan Tokoh Pendidikan Indonesia FIP JIP 2023

1
min read
A- A+
read

Pada gelaran Forum Fakultas Ilmu Pendidikan – Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) tahun 2023 ada yang lain dari sebelumnya, yaitu adanya Penganugerahan Tokoh Pendidikan Indonesia. Selaku tuan rumah Dekan FIPP UNY, Prof. Dr. Sujarwo mengatakan, “Rangkaian kegiatan Forum FIP-JIP 2023 dikemas secara harmonis dengan diawali acara pembukaan yang menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Bapak Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., dilanjutkan kegiatan penganugerahan Tokoh Pendidikan, Seminar Internasional, kegiatan Pancalomba kemahasiswaan, serta Pertemuan Kolegial 12 LPTK yang tergabung dalam Forum FIP-JIP ini.

Forum FIP-JIP se-Indonesia 2023 ini dilaksanakan pada hari Rabu-Jum'at, tanggal 5-7 Juli 2023 di The Alana Hotel and Convention Center Yogyakarta, menyepakati memberikan penganugerahan tokoh pendidikan Indonesia yang telah luar biasa memberikan kontribusi bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Penganugerahan tokoh pendidikan adalah memberi pengakuan kepada dosen yang secara nyata dan luar biasa melakukan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang hasilnya dapat dibanggakan dan sangat bermanfaat bagi kemajuan peningkatan kualitas akademik dan kelembagaan. Dengan adanya program tersebut diharapkan dapat menjadi stimulan bagi dosen lain sebagai stimulan agar lebih semangat lagi dalam berkarya.

Tokoh pendidikan yang menerima penganugerahan tersebut adalah:
1.    Prof. Suyanto, M.Ed., Ph.D. dari Universitas Negeri Yogyakarta
2.    Prof. Dr. Hafidz Abbas dari Universitas Negeri Jakarta
3.    Prof. Dr. M. Sholehuddin, M.Pd., M.A. dari Universitas Pendidikan Indonesia
4.    Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang
5.    Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya
6.    Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd. dari Universitas Negeri Malang
7.    Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons. Dari Universitas Pendidikan Ganesha
8.    Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd. dari Universitas Negeri Makassar
9.    Prof. Dr. Deitje Katuuk, M.Pd., dari Universitas Negeri Manado
10.    Prof. Dr Ir. H. Eduart Wolok, S.T., M.T., IPM., ASEAN,Eng. dari Universitas Negeri Gorontalo
11.    Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd. dari Universitas Negeri Padang
12.    Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dari Universitas Negeri Medan

Untuk dapat dijadikan tokoh terpilih menerima penganugerahan ini harus memiliki kriteria. “Tokoh pendidikan yang diajukan dalam penganugerahan Forum FIP JP 2023 harus memenuhi syarat dan ketentuan, diantaranya mengabdikan diri untuk pendidikan minimal 20 tahun, memilii prestasi unggulan dalam bidang pendidikan, memiliki pemikiran/karya di bidang pendidikan, memiliki rekam jejak atau kiprah, kontribusi serta komitmen yang dalam memajukan pendidikan Indonesia, dan belum pernah mengikuti sebelumnya,” kata Prof. Sujarwo.

Harapannya, kata Dekan FIPP UNY ini, “Penganugerahan tokoh pendidikan dalam forum FIP JIP tahun 2023 ini diharapkan dapat bermanfaat dalam meningkatkan motivasi secara berkelanjutan di kalangan sivitas akademika untuk “bekerja lebih keras dan lebih cerdas” dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dan meningkatkan produktivitas Perguruan Tinggi.” 

Disisi lain dapat menciptakan suasana akademik yang mengarah kepada terwujudnya kepribadian ilmuwan yang terpuji, semangat pengabdian dan dedikasi di bidang pendidikan tinggi; dan menumbuhkan kebanggaan kalangan pegiat pendidikan di lingkungan Perguruan Tinggi,” pungkas Prof. Sujarwo

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo Noviriyanto

MBKM
IKU