UNY Laksanakan Seleksi Mandiri Jalur CBT Kampus

1
min read
A- A+
read

Calon mahasiswa lakukan tes UTBK

Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan ujian masuk melalui jalur Seleksi Mandiri CBT Kampus untuk jenjang S1 dan D4 yang berlangsung selama tiga hari. Ujian dilakukan di Kampus UNY Karangmalang dan Kampus UNY Wates. Menurut Ketua Admisi UNY Dr. Setya Raharja, ujian ini diikuti oleh total 6.743 calon mahasiswa yang tersebar di 12 lokasi. “Tes dilaksanakan dua kali per hari, pagi dan siang. Lokasinya ada di ruang laboratorium fakultas, Layanan Internet Mahasiswa UNY, Digital Library dan Unit Layanan Bahasa” kata Setya Raharja, Rabu (12/7) di UNY.

Para calon mahasiswa akan memperebutkan 2.922 kursi jalur mandiri S1 dan 460 kursi jalur mandiri D4. Jumlah kursi jalur mandiri tersebut tidak hanya diambil dari CBT Kampus namun juga melalui skema CBT Domisili, Prestasi Akademik, Prestasi Unggul, Talent Scouting dan Prestasi Olahraga Unggul. Juga ada jalur Skor UTBK – SNBT dan jalur Kerjasama. Sedangkan jalur mandiri D4 melalui skema Prestasi Akademik, CBT Domisili, Skor UTBK-SNBT dan Kerjasama. Selain CBT Kampus, UNY juga masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk ikut jalur Skor UTBK yang ditutup 15 Juli 2023 dan jalur CBT Domisili yang akan ditutup tanggal 20 Juli 2023.

Salah satu peserta, Khansa Nabila Pribadi mengatakan keikutsertaannya dalam tes CBT Kampus ini karena ingin diterima pada prodi S1 Manajemen pilihannya. “Saya ingin kuliah di Yogyakarta karena punya saudara disini” kata warga Balikpapan tersebut. Sedangkan warga Bangka Belitung Achmad Naufal Alfarisi berkeinginan kuliah di UNY karena cukup terkenal di wilayahnya, selain itu kultur dan budaya di Yogyakarta menyenangkan. Achmad memilih prodi Akuntansi S1 sebagai target pilihannya. Danu Adrian Saputra mengaku mempersiapkan diri dengan sering mengikuti tryout dan belajar mengerjakan berbagai soal untuk mengikuti tes CBT Kampus UNY ini. Warga Riau tersebut berkeinginan diterima pada prodi pilihannya, Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan S1.

Penulis: Sudaryono

Editor: Dedy

MBKM