UNY Selenggarakan Forum FIP-JIP se-Indonesia

1
min read
A- A+
read

Rasa bangga dan syukur Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2023 ini mendapatkan amanah sebagai penyelenggara forum FIP-JIP se-Indonesia. Forum FIP-JIP 2023 ini dilaksanakan pada hari Rabu-Jum'at, tanggal 5-7 Juli 2023 di The Alana Hotel and Convention Center Yogyakarta. 

Dekan FIPP UNY, Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd. mengatakan, “Pelaksanaan FIP-JIP tahun 2023 di Yogyakarta ini mengusung tema "Transformasi Ilmu Pendidikan sebagai Landasan Utama Membangun Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Unggul". Rangkaian kegiatan Forum FIP-JIP 2023 dikemas secara harmonis dengan diawali acara pembukaan yang menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Bapak Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., dilanjutkan kegiatan penganugerahan Tokoh Pendidikan, Seminar Internasional, kegiatan Pancalomba kemahasiswaan, serta Pertemuan Kolegial 12 LPTK yang tergabung dalam Forum FIP-JIP ini.”

Forum FIP-JIP 2023 ini diharapkan dapat menghasilkan pemikiran solutif untuk menghadapi tantangan, permasalahan, dan peningkatan kualitas pendidikan di kehidupan masyarakat saat ini serta masa depan yang semakin hari penuh dengan persaingan dan ketidakpastian. 

“Melalui forum FIP-JIP 2023 ini diharapkan menjadi wadah kami untuk mendiskusikan, bertukar pikiran dan gagasan, serta menyebarluaskan berbagai kebijakan dan pengalaman praktik pendidikan yang telah dilakukan. Selain itu dalam kesempatan ini juga dapat membuka peluang kerjasama antar perguruan tinggi sebagai wujud kemitraan yang kolaboratif dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi.” kata Prof. Sujarwo.

Lebih lanjut Dekan FIPP ini menyampaikan, “Kami berharap dalam pelaksanaan forum FIP-JIP 2023 ini, seluruh peserta dapat terlibat aktif dalam diskusi yang bermanfaat dan bermakna untuk kemashlahatan semua pihak yang berkepentingan demi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.”

Forum FIP-JIP 2023 ini, berbeda dari forum sebelumnya, disamping dihadiri Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M. Kes. AIFO, beserta para Wakil Rektor, juga dihadiri beberapa Rektor serta Dekan dan para Wakil Dekan FIP dari 12 LPTK Negeri serta Pimpinan perguruan tinggi yang menaungi Jurusan Ilmu Pendidikan. 

Mengakhiri sambutannya, Dekan FIPP UNY menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara ini. “Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P.) serta para narasumber seminar Internasional yaitu Prof. Lynn Paine dari Michigan State University, Prof. Dr. Achmad Dardiri, M. Hum. dari Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Kuo-Hung Huang dari National Chiayi University, serta Prof. David Evans dari University of Sydney,” kata Prof. Sujarwo.
 

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo Noviriyanto

 

MBKM
IKU