WORKSHOP DARING MODEL PEMBELAJARAN BAGI GURU SMA MATEMATIKA DAN BIOLOGI

1
min read
A- A+
read

WORKSHOP DARING MODEL PEMBELAJARAN BAGI GURU SMA MATEMATIKA DAN BIOLOGI

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Workshop daring model  pembelajaran dengan tema "Produktivitas Guru di Masa Pandemi Covid-19 menuju Era New Normal". Workshop saat ini, Rabu (22/7) menampilkan model pembelajaran guru bidang biologi dan matematika.

Menurut Moderator, Dr. Ratna Wardani, workhop ini merupakan kontribusi dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam bidang pendidikan dalam rangka pandemi Covid-19.  Agenda workshop meliputi penyampaian materi oleh keynote speaker dan paparan dari  narasumber.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A  menyampaikan tema Pembelajaran heautogogy di era Pandemi Covid-19. “Pembelajaran heautogogy ini bisa disimpulkan sebagai salah satu landasan filosofi untuk menciptakan guru profesional yang mampu berkreasi dan berinovasi di era Pandemi Covid-19 ini,” kata Margana.  Di era masa Pandemi Covid-19 ini, Margana mengatakan “Apa yang saya sampaikan tadi bisa mengingatkan kembali terutama pembelajaran berbasis heautagogy dan dapat digunakan Bapak/Ibu Guru di masa Pandemi Covid-19, tentunya disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan lokasi di mana Ibu/Bapak berada,” imbuhnya. Ditambah lagi, “Karena cybergogy harus dipenuhi dengan  jaringan tetapi kalau heautagogy dimanapun tidak ada masalah, karena membangun peserta didik untuk memiliki kemandirian belajar ” imbuh Margana.

Selanjutnya disampaikan materi tentang model pembelajaran di bidang pendidikan biologi dan pendidikan matematika. Paparan yang pertama untuk pendidikan biologi oleh Dr. Slamet Suyanto, M.Ed. dosen jurusan pendidikan biologi FMIPA UNY. Beliau menyampaikan materi tentang Model Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0. Sedangkan narasumber untuk Pendidikan Matematika disampaikan Wahyu Setyaningrum, S.Pd., M.Ed., Ph.D., dengan tema  Model  pembelajaran untuk Pendidikan Matematika.
Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Negeri Yogyakarta  mengatakan, salah satu tujuan dari pelaksanaan workshop ini adalah untuk meningkatkan ketersediaan sumber belajar digital tentang model pembelajaran daring yang mudah diakses para guru, sekaligus meningkatkan keunggulan, dan kreatifitas guru dalam menyusun RPP dalam menerapkan model pembelajaran di masa Pandemi dan di masa new normal.

Peserta workshop ini juga dapat mengikuti tutorial Glacier (Global Access Independence Learning) model-model pembelajaran melalui  https://glacier.uny.ac.id Bagi peserta workshop yang terdaftar dapat mengikuti: presentasi narasumber, dan berdiskusi (realtime) melalui teleconference. Sedangkan bagi peserta yang tidak terdaftar dapat mengikuti sesi workshop paparan narasumber melalui youtube UNY Official. (Sud).