41 Mahasiswa UNY Terima Beasiswa dan Laptop dari PT Bayan Resources Tbk

1
min read
A- A+
read

Penuh semangat dan senyum kebanggaan nampak dari raut muka 41 mahasiswa yang berkumpul di Ruang Sidang Utama Senat UNY. Mahasiswa tersebut adalah mahasiswa penerima beasiswa dan menerima Laptop dari PT Bayan Resources Tbk.

PT Bayan Resource Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan batu bara yang memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara, yang berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur, serta Kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan.

Hari ini, Rabu (24/1) bertempat di Ruang Sidang Utama Senat diselenggarakan penandatangan Perjanjian Pemberian Beasiswa Pendidikan “Bayan Peduli” antara PT Bayan Resources Tbk dengan Penerima Beasiswa Pendidikan “Bayan Peduli” Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Hadir pada kegiatan tersebut pengelola beasiswa PT Bayan Resources Tbk, Sekretaris Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, KaSubdit Kemahasiswaan dan Prestasi, KaSubdit Humas dan Promosi, dan staf dari Kemahasiswaan.

Pada kesempatan ini, Ahmad Syahrulloh mewakili pengelola beasiswa PT Bayan Resources Tbk mengatakan bahwa beasiswa yang diberikan ini merupakan program CSR berupa beasiswa Pendidikan “Bayan Peduli” PT Bayan Resources Tbk. Beasiswa juga diberikan kepada sejumlah perguruan tinggi di Indonesia diantaranya UGM, UPN, IPB, ITB, UPI, dan UNY. Bagi UNY, untuk angkatan 2023 diberikan kepada sejumlah 41 mahasiswa terseleksi.

Ahmad Syarulloh juga menyampaikan bahwa beasiswa meliputi untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya kost dan living cost, penulisan tugas akhir skripsi, dan laptop. Pemberian laptop sebenarnya pada tahap awal bukan merupakan bagian dari beasiswa, namun dengan berbagai pertimbangan sehingga diputuskan beasiswa meliputi pemberian laptop.

Disamping itu, Amad Syarulloh juga menyampaikan bahwa beasiswa ini akan berlanjut, tidak hanya terbatas pada angkatan 2023 dan mudah-mudahan akan bertambah pula jumlahnya. Pada bagian akhir, Ahmad Syarulloh berharap semoga beasiswa dan laptop yang diberikan dari PT Bayan Resources Tbk dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kriteria yang telah disepakati, dan jangan disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak berguna. Sehingga pada saatnya nanti dapat lulus dengan cepat, IPK tinggi, dan dapat membahagiakan orang tua dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Sedangkan mewakili dari UNY, Prof. Dr. Guntur, M.Pd. selaku Sekretaris Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan UNY menyampaikan ucapan terima kasih keada PT Bayan Resources Tbk yang telah memberikan fasilitas berupa beasiswa dan laptop, dan berpesan kepada para mahasiswa untuk dapat “SEMBADA” yaitu bertanggung jawab berupa amanah memanfaatkan beasiswa dan laptop untuk kepentingan studi. Di samping itu, Prof. Guntur berharap mahasiswa dapat memanfaatkan waktunya untuk mengikuti berbagai kegiatan UKM agar dapat berprestasi tingkat nasional maupun internasional dalam mengikuti berbagai kompetisi yang diakui Pusat Prestasi Nasional.

Zahra Nur Arfiani dan Nur Koles peserta beasiswa dan penerima laptop, hampir senada mengucapkan rasa syukur dan terima kasih yang mendalam kepada UNY dan PT Bayan Resources Tbk, karena telah berhasil melewati berbagai seleksi dan memperoleh beasiswa. Mahasiswa tersebut berjanji akan mengemban amanah yang diberikan baik dari UNY maupun dari PT Bayan Resources Tbk, dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan agar lebih berprestasi lagi dan berharap dapat menyelesaikan studinya dengan cepat, IPK tinggi, setelah lulus dapat melanjutkan studi lanjut.

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo N

IKU