FAKULTAS ILMU SOSIAL AKAN MILIKI DUA GURU BESAR

1
min read
A- A+
read

FAKULTAS ILMU SOSIAL AKAN MILIKI DUA GURU BESAR

Universitas Negeri Yogyakarta akan mengukuhkan dua guru besar pada Sabtu (23/11) di Rektorat UNY. Kedua guru besar yang dikukuhkan adalah Guru Besar dalam Bidang Ilmu Evaluasi Program Komunikasi Prof. Dr. Suranto, M.Pd., M.Si. dan Guru Besar dalam Bidang Sejarah Indonesia Prof. Saefur Rochmat, S.Pd., MIR, Ph.D. Kedua guru besar tersebut berasal dari Fakultas Ilmu Sosial. Dengan dikukuhkannya kedua guru besar ini UNY memiliki sejumlah 147 orang profesor.

Suranto kesehariannya adalah dosen ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial. Suranto menyelesaikan program sarjananya pada bidang ilmu komunikasi di Universitas Gadjah Mada tahun 1986, mendapatkan gelar magister bidang ilmu Penelitian dan Evaluasi Pendidikan di IKIP Yogyakarta tahun 1996 dan magister Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran Bandung tahun 2000 serta memperoleh gelar doktor bidang ilmu Penelitian dan Evaluasi Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2013. Konsistensinya dalam menekuni bidang ilmu komunikasi menghasilkan beberapa karya ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.

Sedangkan Saefur Rochmat adalah dosen pendidikan sejarah di Fakultas Ilmu Sosial. Saefur Rochmat menyelesaikan program sarjananya pada bidang ilmu pendidikan sejarah di IKIP Yogyakarta tahun 1993, mendapat gelar magister pada bidang ilmu hubungan internasional di Ritsumeikan University Jepang tahun 2005 dan mendapat gelar doktor bidang ilmu Indonesian Studies di Victoria University tahun 2016. Saefur Rochmat juga banyak menghasilkan karya ilmiah tingkat nasional maupun internasional.

Kedua guru besar tersebut akan membacakan pidato ilmiah sesuai bidang ilmu masing-masing. Suranto akam menyampaikan pidato ilmiah berjudul ‘Evaluasi Program Komunikasi di Era Revolusi Industri 4.0’ sedangkan Saefur Rochmat akan memaparkan pidato ilmiah berjudul ‘Ilmu Sosial Profetik dan Social Capital sebagai Fondasi Peradaban Islam Modern’. (Dedy)