Pelepasan Mahasiswa KKN dan/atau PK UNY

1
min read
A- A+
read

Peserta KKN dan PK

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan dalam pendidikan tinggi yang merupakan suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. KKN juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu. Oleh karena itu, KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, asih dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat. Sedangkan Praktik Kependidikan (PK) merupakan perluasan dari Praktik Lapangan Persekolahan (PLP) yang dilakukan mahasiswa program sarjana pendidikan untuk mempelajari dan mempraktikkan keterampilan mengajar dalam bentuk kegiatan mengajar terbimbung dan praktik presekolahan di satuan pendidikan formal, nonformal maupun informal.

Dalam rangka hal tersebut UNY melepas mahasiswa untuk menempuh KKN serta PK yang ditempatkan di sejumlah lokasi. Upacara pelepasan dilakukan oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto di halaman Rektorat UNY, Kamis (13/7). Dalam sambutannya Rektor mengatakan bahwa miniatur kehidupan ada pada kegiatan olahraga. “Karakter seseorang bisa dilihat dari olahraganya” ungkap Rektor. Seperti hanya sepakbola, pemain depan beda dengan pemain belakang, begitu pula kapten dengan non-kapten. Rektor juga menitipkan untuk membawa marwah positif UNY di lokasi KKN dan PK. Kegiatan ini diikuti oleh 1.559 mahasiswa yang mengikuti KKN, 319 mahasiswa yang mengikuti PK dan 3.559 mahasiswa yang mengikuti KKN dan PK.

Menurut Kepala Unit KKN, PK, PI, dan Magang UNY Dr. Yudanto, pelaksanaan KKN dibagi menjadi dua tahap dimana tanggal 13 Juli – 30 September 2023 adalah pelaksanaan KKN Prodi Non Kependidikan dan PK Prodi Kependidikan, dan tanggal 13 Oktober – 30 Desember 2023 adalah pelaksanaan KKN Prodi Kependidikan. “Karena banyaknya peserta maka kegiatan pelepasan kali ini kami laksanakan secara blended, daring dan luring” kata Yudanto. Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan tersebut menginformasikan bahwa lokasi pelaksanaan KKN berada di DIY (Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, dan Gunung Kidul), Jawa Tengah (Purworejo, Magelang, Temanggung, Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Klaten, Boyolali, Wonogiri, dan Blora), Jawa Timur (Pacitan), dan lokasi KKN Kebangsaan di Kabupaten Bengkayang dan Sambas Kalimantan Barat. Sedangkan lokasi PK di sekolah/lembaga/klub di wilayah DIY (Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, dan Gunung Kidul), Jawa Tengah (Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Surakarta, Magelang, Purworejo, Kebumen, dan Wonosobo), Jawa Barat (Bekasi), DKI Jakarta (Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara), Maluku (Maluku Tengah). UNY juga melaksanakan PK Internasional di China dan Malaysia yang bekerjasama dengan UTM dan UPSI.

Pelepasan KKN dan PK ditandai secara simbolis dengan penyerahan tanda peserta KKN PK pada Dhannang Arfieansyah Prabandany mahasiswa penempatan KKN di Ngeposari Gunungkidul dan  Khairiyana Nurmayanti mahasiswa penempatan PK di SMPN 3 Sentolo Kulonprogo. Selain itu juga diserahkan secara simbolis sertifikat perlindungan dari BPJS Jamsostek bagi seluruh peserta KKN PK UNY.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM