Pembekalan dan Onboarding Mahasiswa MSIB UNY

1
min read
A- A+
read

Pembekalan mahasiswa MSIB

Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan pembekalan dan onboarding mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6 Tahun 2024 di Ruang Sidang Utama Rektorat, Selasa (13/2).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Siswantoyo mengapresiasi 10 mitra yang akan digunakan dalam kegiatan ini dari berbagai perusahaan yang memiliki komitmen untuk tumbuh kembang bersama dalam pengembangan sumber daya manusia terutama mahasiswa. “Trend pengikut MSIB setiap tahun menunjukkan kenaikan yang menunjukkan perubahan paradigma mahasiswa dimana pada program ini banyak hal yang belum diperoleh mahasiswa di bangku kuliah” katanya. Kegiatan MSIB sangat efektif untuk melihat reputasi mahasiswa sebagai representasi UNY saat keluar kampus. Siswantoyo berpesan pada mahasiswa MSIB agar selalu menjaga marwah UNY dan mencari yang terbaik dari mitra dan memberi yang terbaik bagi mitra.

Koordinator MSIB UNY Ir. Yosef Efendi, M.Pd menjelaskan pembekalan ini melibatkan mitra dan internal dengan harapan bisa memberikan dampak positif terhadap penyelenggaraan MSIB. “Pelepasan MSIB Tahap 6 akan dilakukan Mendibudristek tanggal 16 Februari” papar Yosef. Pembekalan ini menghadirkan dua narasumber dari mitra kerja dan pembekalan materi komunikasi korporat. Menurut dosen FT UNY tersebut manfaat MSIB bagi mahasiswa diantaranya mendapat pengalaman kerja di industry atau organisasi mitra sekaligus mendapat golden ticket dengan direkrut langsung sebagai karyawan di perusahaan mitra. Yang tidak kalah penting adalah perolehan bimbingan dari mentor professional dan berpengalaman serta mendapat nilai dan pengakuan SKS selama mengikuti program. Pendaftar MSIB Batch 6 tahun 2024 meningkat pesat menjadi 2.071 mahasiswa dari 805 mahasiswa yang mendaftar tahun 2023. Sedangkan yang lolos sejumlah 553 mahasiswa yang meningkat dari tahun 2023 sejumlah 358 mahasiswa, yang akan terjun pada 131 organisasi mitra.

Materi pembekalan bagi mahasiswa MSIB UNY disampaikan Alfirdaus Zaharda, Trainer Supervisor Stechoq Academy PT Stechoq Robotika Indonesia yang memaparkan adaptasi di dunia kerja serta dosen prodi Ilmu Komunikasi Fishipol UNY Gilang Jiwana Adikara, MA yang menyampaikan tentang komunikasi di dunia kerja yaitu dengan peningkatan kemampuan public speaking. Pada akhir sesi ditampilkan sejumlah mahasiswa MSIB UNY Batch 5 yang telah berhasil mendapat golden ticket di perusahaan tempat magangnya.

MSIB adalah program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) pada tahun 2020. Tujuan program ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar program studi mereka di kelas. Program MSIB menawarkan dua jenis program yaitu Magang Bersertifikat: Program ini memungkinkan mahasiswa untuk magang di perusahaan, organisasi nirlaba, atau lembaga pemerintah selama 1-2 semester, dan Studi Independen Bersertifikat: Program ini memungkinkan mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran di luar kampus selama 1-2 semester. Pembelajaran ini dapat berupa kursus online, proyek penelitian, atau kegiatan lainnya yang disetujui oleh perguruan tinggi.

Salah satu peserta magang, Zefrian mendapat lokasi di PT. INKA Madiun. “Ini merupakan pengalaman kedua saya magang disini” katanya. Mahasiswa prodi Teknik Elektro FT UNY tersebut mendapat pengalaman menarik selama magang diantaranya pengalaman pembuatan panel kereta, juga running text yang ada pada gerbong kereta penumpang serta pengalaman develop instalasi elektronik di kereta api.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus