Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, Membangun Indonesia Emas

1
min read
A- A+
read

Prof. Siswantoyo dan Dr. Muhammad Hasbi

Peran guru, khususnya guru sekolah dasar sangat penting dalam membangun Indonesia emas. Guru sekolah dasar memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk karakter, kecerdasan, dan moral generasi muda, yang merupakan fondasi dalam membangun Indonesia Emas. Hal ini sangat dipahami oleh UNY, oleh karena itu pada tanggal 22 Maret 2024, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO, berdiskusi dengan Direktur Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD Diksdasmen, Kemendikbudristek, Dr. Muhammad Hasbi di Kantor Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek.

Siswantoyo menyampaikan bahwa UNY mempunyai tanggungjawab dalam mendorong lulusannya untuk menjadi guru profesional yang bisa beradaptasi dengan perkembangan yang ada saat ini. Hal ini dirasa sejalan dengan peran Direktur Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD Diksdasmen. Oleh karena itu, Siswantoyo mengundangnya untuk menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan International Meeting on Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) Project Development in Indonesia kolaborasi UNY dengan UNESCO TEC yang akan dilaksanakan pada awal bulan April 2024.

Menyadari mempunyai visi yyang sama dengan UNY, Hasbi menyambut baik undangan dari UNY. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang bagus dan mendorong kolaborasi yang baik antara Perguruan Tinggi dengan pemerintah pusat untuk mendorong peningkatan kompetensi dan profesionalisme Guru. Beberapa program yang ada di Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen juga perlu dikolaborasikan, khususnya yang dibawah kewenangannya. “Beberapa waktu lalu juga telah disediakan beasiswa untuk para Guru, namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Dengan kolaborasi dengan UNY diharapkan program beasiswa semacam itu dapat didorong maksimal” papar Hasbi. Ditambah lagi, UNY saat ini terbuka lebar untuk memberikan kesempatan para praktisi dalam meningkatkan kompetensinya melalui studi lanjut, baik melalui jalur program reguler, kerja sama, maupun Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL).

Melalui kolaborasi yang efektif antara UNY, Direktur Sekolah Dasar, UNESCO, dan pihak lainya,  diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif dalam meningkatkan profesionalitas dan kompetensi guru sekolah dasar. Dengan demikian, kualitas pendidikan dasar di Indonesia akan semakin meningkat, dan guru-guru akan lebih siap menghadapi tantangan pendidikan di era globalisasi dan revolusi industri 4.0 dan menjadi fondasi dalam membangun Indonesia Emas.

Penulis: Aji Abdussalim

Editor : Dedy

 

IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus