FIS UNY DAN COLGIS UUM TANDATANGANI LOI

1
min read
A- A+
read

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) mengawali kegiatan internasional pada tahun 2019 ini dengan melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan College of Law, Government, and International Studies University Utara Malaysia (COLGIS UUM). Penandatangan LoI dilaksanakan di Ruang Sidang Dekan FIS pada hari Jumat (8/2/2019) Beberapa kegiatan yang tertuang dalam dokumen kerjasama tersebut antara lain academic networking and knowledge transfer; student and academic mobility and exchange; research cooperation; Joint publication opportunities; foreign language programs, intercultural trainings, and language coaching for academics; conferences and other scientific events; dan joint Curriculum.

Pada kesempatan tersebut COLGIS UUM diwakili oleh Prof. Dr. Ahmad Martadha Mohamed. Ia juga memberikan kuliah umum pada kegiatan visiting professor di ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY pada hari yang sama. Ahmad Martadha memandang kerjasama FIS dan UUM merupakan kerjasama yang strategis karena FIS dan UUM memiliki beberapa kemiripan misalnya School of Goverment COLGIS dengan Jurusan Ilmu Aaministrasi Negara FIS. Dengan demikian, berbagai kegiatan akademik dapat dilakukan bersama antara FIS UNY dan COLGIS UUM.

Sementara itu, Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag. menyambut baik adanya kerjasama ini dengan harapan dapat meningkatkan kegiatan akademik antara FIS dan UUM. “Kita sudah memulai kerjasama ini dengan kegiatan visiting profesor. Ini adalah sebuah awal yang baik, semoga kedepannya bisa dilanjutkan dengan kegiatan lain. Dalam waktu dekat ini kita akan menyelenggarakan kegiatan seminar internasional sehingga UUM dapat menjadi Co-Host pada penyelenggaraan seminar internasional tersebut” ungkap Ajat.

Kepala U2IK FIS UNY, Utami Dewi, MPP menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan follow up dari jalinan kerjasama yang telah dirintis dengan COLGIS UUM pada bulan Desember tahun 2018 lalu. “Kita sudah diskusi sebelumnya dengan beberapa pimpinan di COLGIS UUM tentang peluang kerjasama yang bisa dijalankan antara FIS dan COLGIS. Pada tahun ini kita memulai dengan kegiatan kerjasama visiting profesor dan juga penandatanganan Letter of Intent. Semogan dengan Loi tersebut kita dapat semakin intens untuk mengadakan kegiatan kerjasama akademik yang bermanfaat bagi kedua institusi” jelasnya (Eko)