JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI GELAR KULIAH TAMU DAN WORKSHOP ANALISIS KUANTITATIF

11
Sep
2019

Mengawali tahun ajaran baru 2019/2020, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) menyelenggarakan kuliah tamu dan “Workshop Analisis Kuantitatif”. Menurut koordinator kegiatan yaitu Dr. Nurul Khotimah, M.Si., kegiatan workshop dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 3-4 September 2019 diikuti oleh 30 Mahasiswa dan beberapa dosen dari Jurusan Pendidikan Geografi. Adapun pemateri dihadirkan dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

Nurul menambahkan, materi workshop hari pertama yaitu penggunaan SPSS untuk analisis data kuantitatif oleh Assoc Prof. Dr. Che Nidzam Che Ahmad. Materi hari kedua yaitu penggunaan AMOS untuk analisis model persamaan struktural atau SEM (structural equation model).  “SPSS dan AMOS adalah diantara software penting yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data. Bagi mahasiswa yang tertarik dengan penelitian kuantitatif sangat dianjurkan untuk bisa menggunakan software ini” jelasnya

Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Pendidikan Geografi, Dr. Hastuti, M.Si, berharap mahasiswa sebagai peserta pelatihan mendapatkan banyak bekal dan tambahan ilmu pengetahuan khususnya tentang penggunaan SPSS dan AMOS yang dapat diaplikasikan dan ditularkan kepada mahasiswa lain. Selain itu, Hastuti menambahkan,  kegiatan sejenis dapat terus dilaksanakan oleh Pendidikan Geografi FIS UNY dan kerjasama dengan UPSI Malaysia dapat terus berlanjut. (Eko)

submitted by humas