PEJABAT WAKIL REKTOR PERIODE 2021-2025 YANG MASIH BERTAHAN

3
May
2021

Terdapat dua nama wakil rektor yang dijabat oleh pejabat lama pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan wakil rektor dan beberapa jabatan lainnya yang dilaksanakan pada Senin, 3 Mei 2021 di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta.

Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, acara pelaksanaan berlangsung secara khidmat. Nampak ada dua pejabat wakil rektor periode sebelumnya yang dilantik pada periode 2021-2025 ini, yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik yang masih dijabat oleh Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. dan Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd, yang menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan.

Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd., mengatakan terima kasih atas amanah dan kepercayaan yang diberikan sehingga masih diberikan dipercaya menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan periode 2021-2025. “Alhamdulillah dari hasil pemilihan kemarin, kami diminta oleh pak Rektor, sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan. Tentu, karena saya sebagai bagian dari kepemimpinan pak Rektor akan menjalankan tugas-tugas yang telah diprogramkan oleh pak Rektor, yaitu untuk mencapai kejayaaan UNY. Kan slogannya maju lembagaku, sejahtera wargaku.”

Untuk mencapai hal tersebut, Edi Purwanta menyampaikan, “Kami akan berupaya untuk meningkatkan kinerja SDM dalam rangka untuk mencapai kejayaan UNY. Selain itu, tidak hanya kinerja SDM, namun juga kinerja keuangan. Kinerja keuangan itu kaitannya dengan penggunaan uang secara transparan dan akuntabel. Tentu mementingkan skala prioritas dalam rangka untuk mencapai kejayaan UNY itu. Yang intinya kami merupakan satu tim, pak Rektor, wakil rektor yang lain, termasuk dekan dan ketua lembaga lainnya untuk mencapai kejayaan UNY.”

“Harapannya dari sisi SDM tendik, saling mendukung, saling bekerja sama, untuk mewujudkan program yang telah kita gariskan  dalam lima tahun ke depan, dan setiap tahun akan terus ditinjau kembali. “ jelas Edi.

Program ke depan, menurut Edi, “Dalam menyiapkan PTN BH. Kalau dari sisi program yang lain, sudah sesuai dengan yang sudah diprogramkan. Dalam mendukung pemeringkatan alhamdulillah kita sudah meningkat namun kita tetap berusaha secara maksimal. Kedepan tetap kita siapkan peningkatan SDM, dari sisi dosen kita belum mencapai 60%. Selanjutnya kaitannya dengan income generating, menjadi tantangan bagi kita. Oleh karena itu kita berupaya untuk meningkatkan dengan optimalisasi sarana prasarana yang bisa ditingkatkan.”

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. menanggapi program kerja yang akan dilakukan periode ke depan. “Kami mempunyai komitmen untuk selalu meningkatkan kinerja demi ketenaran UNY. Sehingga UNY ini merupakan LPTK terbesar perlu adanya kolaborasi lintas bidang, karena bidang akademik adalah core-nya perguruan tinggi, maka saya beserta jajarannya akan selalu berupaya sekuat tenaga untuk minimal mempertahankan peringkat dan meningkatkan prestasi yang kita miliki. Terkait dengan bidang akademik, temasuk merdeka belajar. Peningkatan Sumber Daya Manusia, perubahan dari teaching university menjadi research university menjadi komitmen kami termasuk juga dalam rangka untuk iconik perguruan tinggi yang membedakan UNY dengan perguruan tinggi lainnya.”

Margana dengan semanggat mengatakan, “Dengan harapan UNY ini menjadi perguruan tinggi rujukan, seiring dengan cita-cita UNY menjadi salah satu perguruan tinggi yang berada pada (malah sudah) world class university. Digital university, cyber university menjadi fokus amanah yang diberikan kepada saya untuk empat tahun ke depan.”

Menyinggung tentang pelaksanaan tatap muka, Margana  menyampaikan sedang melakukan kajian sambil menunggu seiring surat edaran dari Mas Menteri dan menteri yang lain. Kita juga tunduk dan patuh terhadap protokol yang disampaikan dari satgas covid C3-nya provinsi, karena keamanan, kenyamanan dan keselamatan bagi semua pihak menjadi yang utama. (Sud).

submitted by humas