PPS UNY BEKALI MAHASISWA KEMAMPUAN EDITOR DAN REVIEWER JURNAL

29
Mar
2019

Pengelolaan dan publikasi jurnal merupakan hal penting dalam dunia kampus. Kualitas dan Kuantitas publikasi jurnal menjadi indikator penting penilaian akademik kampus. Mengingat hal itu, Pihak pengelola Program Pascasarjana (PPS) UNY membekali mahasiswa dengan kemampuan pengelolaan jurnal yakni editor dan reviewer jurnal, di Gedung GLB Lt. 3.

Dr. Sugito, MA, selaku Wadir I mengatakan bahwa kemampuan pengelolaan jurnal penting dimiliki mahasiswa Pascasarjana.  Selain itu, menurutnya kegiatan ini juga membantu proses pengembangan dan kelancaran publikasi jurnal di UNY bagi mahasiswa sebagai syarat yudisium. Diharapkan dengan adanya pelatihan editor dan reviewer jurnal, mahasiswa turut membantu peningkatan kualitas jurnal-jurnal di UNY.

“Kami hanya mencoba membekali para mahasiswa dengan pengalaman pengelolaan jurnal sehingga sangat membantu baik sebagai mahasiswa maupun ketika sudah mengajar sebagai dosen,” kata Sugito tersebut dalam sambutannya.

Acara pelatihan diisi beberapa sesi. Sesi pertama adalah pembekalan dan pengenalan seputar jurnal oleh Dr. Heri Ratnawati, M.Pd selaku koordinator pengelola jurnal Pasca UNY. Senada dengan Prof. Sugito, Dr. Heri juga menekankan pentingnya pengetahuan dan keterampilan di dunia jurnal. Menurutnya, kemampuan pengelolaan jurnal bisa menambah kualifikasi atau CV seseorang.

Heri kemudian melanjutkan dengan menjelaskan seluk-beluk menulis jurnal secara umum dan beberapa jurnal di UNY yang bisa disubmit bahkan dieditori oleh mahasiswa selepas pelatihan nantinya sesuai bidang rumpun keilmuwan.  Tambahnya, dengan adanya kemampuan pengelolaan jurnal akan sangat membantu dalam memenuhi kewajiban-kewajiban profesi. Khususnya, dalam kenaikan pangkat khususnya bagi seorang dosen, poin dari publikasi sangat memudahkan proses kenaikan kinerja.

Sesi selanjutnya adalah tentang manajemen dan pengelolaan jurnal-jurnal Pasca UNY.  Syarief Fajaruddin selaku manager jurnal UNY mengatakan bahwa menulis jurnal tidak sulit. Menurutnya, semua jurnal sebenarnya memiliki standar yang sama dan hanya berbeda pada deadline dan template-nya. Tambahnya lagi, hal yang lebih penting adalah mahasiswa mau menulis dan mengetahui kriteria jurnal yang hendak dituju.

Syarief mengatakan bahwa jurnal-jurnal UNY membutuhkan kemauan dan kemampuan para mahasiswa untuk membantu proses edit dan review jurnal-jurnal di UNY khususnya di prodi masing-masing. Sebab menurutnya, yang memiliki pengetahuan di rumpun keilmuwan secara mendalam jurnal yang di-submit- adalah para mahasiswa itu sendiri.

“Pengelolaan jurnal yang baik ada tiga yaitu manajemen situs, manajemen jurnal dan manajemen penerbitan. Dalam proses inilah, kami membutuhka bantuan tema-teman sekalian,”tegasnya dalam acara tersebut. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Direktur II, Dr. Widyastuti Purbani, MA. Acara pelatihan diikuti dari seluruh mahasiswa prodi-prodi program Pascasarjana. (Toba/JK/ant)

submitted by humas