RAYAKAN DIES NATALIS KE 70, BERAGAM PENCAPAIAN DIUKIR FIK

1
min read
A- A+
read

Dies Natalis UNY ke 70

Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNY resmi menapaki usianya yang ke- 70 tahun pada hari Jumat 1 Oktober 2021. Momen ini tentu saja membahagaiakan seluruh civitas academica mulai dari dosen, mahasiswa dan tendik. Mengusung tema “Pendidikan Jasmani Berkarakter Mulia Untuk Indonesia Tangguh”, FIK diusinya yang ke- 70 telah menunjukkan eksistensinya di berbagai bidang antara lain dengan prestasi yang ditorehkan mahasiswanya dari tingkat kabupaten hngga Internasional serta peningkatan layanan akademik.
Nama – nama seperti Lindu Setyawati, Lu’lu’ul Ilmi, Muh. Abdul Haris adalah mahasiswa FIK yang mampu berprestasi pada kancah Internasional yaitu dalam kejuaraan “ UNJ Internasional Virtual Pencak Silat Championship 2021” yang diselenggarakan secara virtual pada 21- 22 Agustus 2021.

Selain itu dalam bidang peningkatan Sumber Daya Manusia  (SDM) pada tahun 2021 ini FIK telah memiliki 15 Profesor (Guru besar) dan 5 orang dosen Lektor Kepala ke Guru Besar serta dua dosen yang mengusulkan ke Guru Besar 2021, hal ini menjadi bukti bahwa FIK sangat menyadari bahwa Jabatan fungsional Guru Besar dan Lektor Kepala menjadi indikator penting dalam menilai kualitas sebuah Perguruan Tinggi. Berbagai Fasilitas yang dimiliki FIK saat ini semuanya sudah berstandar Internasional antara lain, stadion Atletik dan sepakbola, lapangan tenis, lapangan badminton, Gedung Olahraga (GOR), Fitness Center, Lapangan panahan, serta beberapa fasilitas lainya. FIK juga senantiasa rutin dalam melakukan perawatan, pembaharuan semua fasilitas yang dimiliki agar mahasiswa dan masyarakat luas dapat menikmati dan menggunakanya dengan aman dan nyaman.

Beberapa Program Studi (Prodi) baru juga telah berhasil dibuka FIK untuk pengembangan keilmuan, teknologi serta kelembagaan.  Prodi tersebut antara lain Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PJSD) untuk program Sarjana dan Magister, serta Prodi- Prodi yang merupakan program sarjana Terapan (D4) yaitu Pengobatan Tradisional Indonesia (PTI), Promosi Kesehatan (Promkes) dan Pengelolaan Usaha Rekreasi (PUR). Tujuan dibukanya  Program Sarjana Terapan ini adalah untuk meningkatkan kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri.

FIK yang memiliki semboyan Simpatik, Profesional, Optimis, rasional, takwa, Inovatif dan Futuristik (SPORTIF) dengan berbagai pencapaian yang telah diperoleh hingga saat ini selalu berusaha untuk berinovasi dan bersinergi agar kedepanya selalu menjadi lembaga yang unggul dan bisa lebih berperan dalam menciptakan bangsa indonesia yang tangguh. (Khairani Faizah)