UKMF AL HUDA FBS SELENGGARAKAN PELATIHAN JURNALISTIK

1
min read
A- A+
read
UKMF AL HUDA FBS SELENGGARAKAN PELATIHAN JURNALISTIK

Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) FBS Al Huda menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik untuk membekali mahasiswa pengetahuan dasar mengenai dunia kewartawanan. Pelatihan ini diselenggarakan di ruang seminar W.S Rendra, FBS, UNY, Kamis (11/4/2019).

Rizal Amril Yahya, pemateri pada pelatihan tersebut menyatakan bahwa pengetahuan dasar mengenai jurnalistik sangat urgen untuk dipahami mahasiswa, terlebih pada masa revolusi industri 4.0 yang mana media sosial dan media massa banyak disiarkan melalui medium internet. Hal ini menjadikan sebaran berita menjadi massif. “Seseorang yang tidak memahami prinsip dasar jurnalistik akan rentan termakan berita hoaks,” ujar Rizal.

Rizal yang merupakan redaktur LPM Ekspresi menyatakan bahwa sikap yang harus dimiliki seorang jurnalis adalah sikap skeptis. “Selalu ragu dan terus ragu. Sikap skeptis menjadikan jurnalis tidak mudah percaya begitu saja sehingga dia akan melakukan verifikasi untuk mengecek kebenaran dan keakuratan peristiwa,” tambah Rizal.

Reza Egis peserta acara ini menyatakan bahwa keinginannya mengikuti pelatihan jurnalistik dituntun oleh tujuannya untuk menjadi wartawan. “Pelatihan ini penting bagi saya karena saya ingin menjadi wartawan,” ujar Reza.

Selaras dengan tujuan penyelenggaraannya, Rizqi Pratama, kepada bidang Media dan Wacana UKMF Al Huda menyatakan bahwa pelatihan jurnalistik ini diadakan sebagai pembekalan pengetahuan media bagi mahasisiswa. “Bisa bermanfaat bagi yang ingin menekuni dunia jurnalistik atau hanya sebagai pengetahuan dasar sehari-harinya dalam menyingkapi bacaan di media massa,” tutup Rizqi. (Muhammad Abdul Hadi/JK)