WORKSHOP SISTEM PENDAFTARAN HAK CIPTA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MELALUI SISTEM DJKI KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

25
Nov
2021

Aktivitas penelitian dan PPM dosen dan mahasiswa UNY baik dengan menggunakan dana internal maupun dana eksternal seperti dari DP2M, RISTEK, PEMDA, LIPI, maupun yang lainnya telah menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Keberhasilan program penelitian dalam suatu lembaga dapat dilihat dari banyaknya luaran hasil penelitian, baik berupa artikel yang dipublikasikan secara nasional maupun internasional, jumlah HKI, teknologi tepat guna yang diaplikasikan ke masyarakat, maupun buku ajar.

Untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam mengajukan HKI, terutama hak cipta dan paten, maka perlu diadakan workshop sosialisasi HKI bagi dosen dan mahasiswa UNY yang telah menyelesaikan penelitiannya atau kegiatan PPM, sehingga jumlah HKI meningkat. Workshop diadakan pada tgl 19 November 2021 bertempat di hotel Insade Yogyakarta diikuti dosen dan mahasiswa UNY.

Workshop dibuka oleh Koordinator TU LPPM UNY ibu Martutik, SIP dan dimoderatori oleh ibu Prof. Eli Rohaeti sebagai ketua tim HKI LPPM UNY. Dalam sambutan Koordinator TU LPPM, menyampaikan semoga dengan workshop ini dosen dan mahasiswa dapat dengan mudah dan cepat dalam pembuatan dan pendaftaran HKI, dan meningkatkan jumlah HKI di UNY.

Pada kesempatan ini pula Ketua tim HKI menyampaikan bahwa pada tahun 2020 jumlah usulan HKI sebanyak 444 judul dan jumlah paten terdaftar hanya 6 judul dan belum merata di setiap prodi. Padahal jumlah HKI, merupakan salah satu indikator Kinerja Perguruan Tinggi dan Kinerja Prodi dalam akreditasi prodi maupun institusi. Kemampuan dalam menyusun dan mendaftarkan hak cipta kadang-kadang merupakan salah satu kendala yang dihadapi dosen maupun mahasiswa sehingga mereka tidak berminat untuk mendaftarakan HKI dari karya-karya inovasinya. Oleh karena itu perlu ada kegiatan pendaftaran hak cipta bagi dosen dan mahasiswa UNY yang dilakukan oleh Tim HKI melalui sistem informasi DJKI. (Heri-Humas LPPM)

submitted by humas