UNY Gelar Baksos di Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Muhammadiyah Prambanan

1
min read
A- A+
read

Untuk kesekian kalinya UNY menggelar Bakti Sosial sebagai wujud kepedulian terhadap sesama terutama bagi warga yang tidak mampu. Masih dalam rangkaian acara peringatan Dies Natalis yang ke- 58 UNY, baksos kali ini digelar di Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Muhammadiyah yang terletak Kelurahan Bokoharjo, Kapanewon Prambanan pada hari Minggu (15/5).

Acara yang berlangsung cukup semarak ini dihadiri oleh Samsul Bahri selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Kabupaten Sleman, Lurah Bokoharjo, Danramil serta Kapolsek Prambanan dan Panewu Kapanewon Prambanan. Hadir pula seluruh siswa dan pengurus panti asuhan.

Hadir dari UNY yaitu Profesor Sumaryanto (Rektor UNY), Profesor Suyanto (Ketua IKA UNY sekaligus Ketua GpAP), Para Wakil Rektor, Para Dekan, Ketua Lembaga dan unsur pimpinan lainya,  serta Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNY dan seluruh jajaran pengurus.

Joko Pramono selaku perwakilan dari pengurus panti melaporkan bahwa hingga saat ini terdapat 132 anak penghuni panti asuhan ini diantaranya 20 (TK dan SD), 37 (SMP), 30 (SMA dan SMK) dan 45 (Mahasiswa). Ia menambahkan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga atasa kedatangan UNY untuk memberikan santunan kepada para anak penghuni panti.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni (IKA) UNY, Profesor Suyanto dalam sambutanya mengingatkan keutamaan dari sedekah terutama kepada anak yatim piatu. Ia mengatakan dengan bersedakah maka hati menjadi bahagia, rezeki menjadi lancar dan mendapat pahala yang kelak akan mengantarkan ke surga. Tidak lupa Ia juga mengajak para hadirin untuk belajar rutin bersedekah dari jumlah yang kecil hingga nanti bisa menjadi rutin.

Senada dengan apa yang disampikan oleh Ketua DPP IKA, Rektor UNY dalam paparanya juga mengatakan bahwa dirinya rutin menyambangi panti asuhan yang ada di sekitar Yogyakarta untuk bersedekah dan meminta doa agar mendapatkan kelancaran dalam setiap urusanya.

Samsul Bahri yang hadir mewakili Bupati Sleman mengatakan bahwa apa yang dilakukan UNY ini sangat besar manfaatnya untuk menyelamatkan para generasi muda yang kurang mampu dan membantu negara untuk menanggulangi kemiskinian, mengingat angka kemiskinan di DIY meningkat dalam kurun waktu terakhir ini. Ia juga berharap seluruh Universitas yang ada di Yogyakarta dapat meniru langkah UNY ini untuk bersama- sama mengurangi angka kemiskinan. 

Pada akhir acara dilaksanakan serah terima bantuan dari UNY kepada Panti asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Muhammadiyah Prambanan berupa tas sekolah, alat tulis, serta uang tunai. (Khairani Faizah)

IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus