FAKTOR DETERMINAN EMPLOYABILITY SKILLS SISWA SMK PARIWISATA BIDANG BOGA

14
Feb
2020

Kebutuhan tenaga kerja dalam bidang boga atau kuliner saat ini makin meningkat. Peluang tenaga kerja dan pekerjaan yang bergerak di bidang inipun semakin besar pula. Untuk mengantisipasi hal ini dibutuhkan kemampuan untuk merekonstruksi dan mengadaptasi pengetahuan, sikap dan keterampilan, sesuai dengan pengalaman yang dimiliki dan konteks yang dihadapi, ungkap Fitri Rahmawati, staff pengajar UNY dalam Ujian Terbuka Doktor yang diadakan di PPs UNY. Lebih lanjut Fitri menambahkan bahwa kemampuan-kemampuan yang dipersyaratkan oleh industri tersebut masih kurang dapat diakomodasi oleh siswa atau lulusan SMK bidang boga. Sampai saat ini belum banyak kajian yang fokus pada faktor determinan employability skills siswa SMK Pariwisata Bidang Boga. Terutama faktor determinan tersebut dilihat dari faktor psikologis, keluarga, lingkungan masyarakat, pembelajaran, praktik kerja industri dan akademis.

Oleh karena itu, Fitri mencoba untuk mengungkapkan gambaran faktor psikologis, keluarga, lingkungan masyarakat, pembelajaran, prakerin, akademis, faktor-faktor yang mempengaruhi dan besarnya pengaruh siswa employability skills siswa SMK Pariwisata bidang boga di DIY. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri Kelompok Pariwisata Bidang Keahlian Tata Boga kelas XI di DIY yang telah melaksanakan prakerin di industri dengan jumlah 800 siswa. Sampel sejumlah 400 orang ditentukan dengan teknik proportional random sampling.

Hasil yang didapat adalah kondisi psikologis, keluarga, lingkungan masyarakat, pembelajaran, praktik kerja industri, akademis dan employability skills siswa SMK Pariwisata Bidang Boga termasuk dalam kategori baik. Lalu uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh langsung dan signifikan terhadap kondisi di atas. Penelitian ini diharapkan dapat diperoleh gambaran tentang variabel-variabel yang secara signifikan memberikan kontribusi dan variabel paling dominan yang berpengaruh terhadap employability skills siswa SMK Bidang Boga. Sehingga ditemukan formula dalam mengembangkan employability skills siswa dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. (ant)

submitted by humas