GENERASI MAHAKARYA BERMORAL, BERINTEGRASI, MEWUJUDKAN UNY DAN INDONESIA MAJU

2
min read
A- A+
read

Demikian tema dari Kegiatan Pengenalan  Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2021 yang disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd. dalam laporannya.

Lebih lanjut Lantip menyampaikan bahwa pelaksanaan PKKMB dilaksanakan pada tanggal 24 – 27 Agustus 2021. Tanggal 24 Agustus 2021, PKKMB dilakukanpada level universitas, tanggal 25 Agustus 2021 kegiatan display ormawa dan  pada tanggal 26-27 Agustus 2021pelaksanaan PKKMB pada level fakultas. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 10.643 orang mahasiswa baru, dengan rincian D4 sebanyak 1.625 mahasiswa, S1 sebanyak 7.516 mahasiswa, S2 sebanyak 1.227 mahasiswa, dan S3 sebanyak 275 mahasiswa. Pelaksanaan PKKMB tahun 2021 ini dilaksanakan secara daring melalui besmart.uny.ac.id karena pandemi Covid-19, dan semua mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan ini.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., dalam sambutannya mengucapkan selamat atas keberhasilan dan ucapan selamat datang kepada segenap mahasiswa, atas kerja keras dan prestasinya sehingga  dapat bergabung dengan keluarga besar UNY yang membanggakan ini. PKKMB merupakan kegiatan yang memberikan wawasan kepada mahasiswa baru untuk mengenal tridharma perguruan tinggi dan seluruh sumber daya yang ada di kampus (dosen, tendik, sarana prasarana dan berbagai aktivitas yang disediakan oleh kampus).

“Mari kami mengajak seluruh sivitas akademika untuk menjunjung tinggi kehormatan almamater dengan meningkatkan dan mengembangkan potensi diri sesuai dengan jati diri dan martabat UNY sebagai kampus yang unggul, kreatif, inovatif, takwa, mandiri, dan cendekia,” demikian ajakan Sumaryanto kepada peserta PKKMB sesaat sebelum membuka acara tersebut.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., mengawali sambutannya menyampaikan ucapan selamat memasuki kehidupan baru sebagai mahasiswa kepada mahasiswa baru seluruh Indonesia.

Nadiem mengingatkan bahwa sebagai mahasiswa tidak sama dengan siswa pada jenjang sekolah,  “Menjadi mahasiswa berarti kalian memiliki kemerdekaan lebih luas untuk menentukan arah masa depan. Oleh karena itu, Mendikbudristek RI memberikan hak kepada semua mahasiswa di seluruh Indonesia, untuk belajar di luar prodinya, atau di luar kampusnya selama tiga semester.”

“Mahasiswa Indonesia bisa memanfaatkan  waktu tersebut, untuk mengikuti program-program kampus merdeka, antara lain magang di perusahaan, atau organisasi sosial dunia, atau melakukan studi independent membangun desa, melakukan riset, mengerjakan project kemanusiaan, merancang dan merintis kewirausahaan, melakukan pertukaran mahasiswa di dalam dan luar negeri, atau mengajar di SD atau SMP melalui program kampus mengajar, didasarkan atas minat dan ketertarikan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman yang tidak tertulis pada buku teks atau diajarkan dibangku perkuliahan. Pengalaman itu akan menjadi kendaraan kalian untuk meraih mimpi di  masa depan.” Kata Nadiem.

“Kami tetap memberikan komitmen, tidak hanya memberikan kemerdekaan terhadap mahasiswa tetapi menjamin keselamatan belajar mengapai cita-cita kalian. Keunggulan dari program kampus merdeka belajar adalah mahasiswa tidak perlu mengorbankan masa studinya,” tambah Nadiem.

Berbagai materi disajikan dalam acara PKKMB UNY Tahun 2021, meliputi materi tentang “Bahaya Terorisme” disampaikan oleh Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H. dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisem. Dilanjutkan materi tentang “Bela Negara” dengan narasumber Brigjen TNI Jubel Levianto Direktur Bela Negara. Yosi Mokalu seorang musisi terkenal di tanah air, menyapa dengan materi Etika Bersosial Media, ini materi yang juga disampaikan pada acara PKKMB ini.

Materi terakhir tentang program kerja Wakil Rektor, secara berurutan dari Program Kerja Wakil Rektor Bidang Akademik oleh Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. Program Kerja Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan disampaikan oleh Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd., dan  Program Kerja Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni oleh Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd., serta diakhiri program kerja Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja sama oleh Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes.
Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru UNY Tahun 2021, ditutup dengan tayangan tentang Video Profil UNY Tahun 2021. (Sud).