JAJARAN PIMPINAN UNY AUDIENSI PPM DENGAN PEMKAB KULON PROGO

1
min read
A- A+
read

JAJARAN PIMPINAN UNY AUDIENSI PPM DENGAN PEMKAB KULON PROGO

Bertempat di Ruang Rapat Menoreh, Kompleks Pemkab Kulon Progo jajaran pimpinan UNY melakukan audiensi tentang Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan oleh UNY. Kegiatan PPM yang akan dilaksanakan adalah Kegiatan Bakti Sosial. Bakti sosial ini merupakan rangkaian dari peringatan Dies ke 57 Universitas Negeri Yogyakarta. Rombongan UNY dipimpin oleh Kepala LPPM UNY Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd, M.T. yang didampingi oleh Dekan FIP, WD BUK, Biro AKK, Biro UPK, Ketua Panitia Dies Natalis ke-57 UNY, Pengelola Kampus Wates, Tim PPM LPPM, berapa koordinator, sub koordinator dan staf. Sedangkan dari Pemkab Kulon Progo yang menerima audiensi Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana, didampingi dari Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Panewu Panjatan, Sekdes Bugel, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala LPPM Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. mengatakan, “Bakti sosial akan dilaksanakan pada Minggu, 6 Juni 2021 bertempat di Balai Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulon Progo. Bakti sosial meliputi bantuan paket pendidikan untuk 100 anak SD  dan SMP, bantuan sembako sebanyak 350 paket, bantuan buku untuk pengembangan literasi dan perpustakaan desa yang merupakan sumbangan dari  warga UNY dan Dharma Wanita Persatuan UNY, dan bantuan  sarana protokol kesehatan dalam rangka pencegahan covid-19 (tempat cuci tangan portable 2 buah dan handsanitizer , bahan/alat pola hidup bersih dan sehat).”

Di samping itu sebelum acara bakti sosial, UNY sudah mengadakan kegiatan berupa pendampingan maupun pelatihan.  Samsul Hadi mengatakan, “Kegiatan yang mengiringi Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) disamping bakti sosial, juga dilaksanakan pendampingan pengembangan budaya:  jathilan gejog lesung oleh tim PPM yang dipimpin oleh Dr. Kuswarsantyo, M.Hum; pelatihan pengembangan desain  kerajinan dari bahan eceng gondok yang dipimpin oleh Dr. Martono, dkk, pendampingan pengembangan batik “ecoprint” khas Bugel : enceng gondok, geblek renteng, dan sawah surjan yang dipimpin oleh Dr. Tien Aminatun, M.Si, dan pendampingan/pelatihan pemasaran produk melalui digital yang dipimpin oleh Dra. Lies Endarwati, M.Si. Kegiatan PPM melalui pendampingan dan pelatihan sudah dimulai sejak tanggal 22 Mei 2021.”

”Di masa Pandemi Covid-19 kegiatan bakti sosial dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, diantaranya dengan disediakannya tempat cuci tangan dengan sabun, diukur suhu tubuh dengan thermogun, wajib menggunakan masker, disediakan hand sanitizer , jarak tempat duduk diatur sesuai standar protokol kesehatan, peserta acara dalam arena dibatasi kurang dari 100 orang. Dan pada saat penerimaan paket sembako, paket pendidikan diberikan saat acara secara simbolis, pembagian diserahkan ke Kalurahan,” jelas Samsul Hadi.

Mewakili pemerintah daerah Kabupaten Kulon Progo, Fajar Gegana menyampaikan apresiasi pelaksanaan PPM dari UNY. Secara khusus hasil audiensi memutuskan supaya Panewu Panjatan untuk menfasilitasi rekomendasi berkaitan protokol kesehatan dengan adanya covid-19, berikutnya adanya komitmen dari dinas terkait agar bisa  mensupport, mendukung kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan UNY, pihak pemkab mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan UNY ini. Hal ini sebenarnya, hubungan mitra UNY dengan pemkab Kulon Progo sudah terjalin sejak lama, dengan berdirinya Kampus Wates UNY.

Rangkaian kegiatan PPM ini bilamana dikaitkan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan PPM ini terkait upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup tujuan yaitu Tanpa Kemiskinan; Tanpa Kelaparan; Kehidupan Sehat dan Sejahtera; Pendidikan Berkualitas; dan Kesetaraan Gender. (Sud).